DepokNews–Pembangunan Sumber Daya Sumber Daya Manusia menjadi salah satu visi prioritas pemerintah dan tentunya perguruan Tinggi menjadi salah satu tempat yang memegang peranan besar.

IPTEK menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh generasi mendatang, cara berpikir yang ilmiah dan penguasaan teknologi akan pengembangan IPTEK di Indonesia harus memiliki ciri Pancasila yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur rakyat Indonesia.

Rektor Universitas Pancasila Wahono Sumaryono di Kampus UP mengatakan itu dihadapan ribuan mahasiswa baru UP pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru.

Dia mengatakan, di tahun 2019 Universitas Pancasila meraih tingkat ke Lima sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jakarta dan masuk 16 Perguruan Tinggi

Rektor Universitas Pancasila Wahono Sumaryono di Kampus UP mengatakan Universitas Pancasila berada peringkat ke 32 sebagai kampus terhijau di Indonesia pada tahun 2018 dan naik menjadi 45 PTN terbaik di Indonesia tahun 2019.

Dia mengatakan perolehan prestasi tidak lepas dari dukungan semua pihak seperti dari para mitra kerjasama UP.

Dikatakan, pembangunan SDM, menjadi salah satu visi prioritas pemerintah, dan tentunya Perguruan Tinggi menjadi salah satu tempat yang memegang peranan besar.

Dia menambahkan IPTEK menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh generasi mendatang.

Cara berpikir yang ilmiah dan penguasaan teknologi akan membuat generasi muda Indonesia diperhitungkan oleh masyarakat dunia.

“Tentunya penggunaan dan pengembangan IPTEK di Indonesia harus memiliki ciri Pancasila, yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur rakyat Indonesia,”katanya.

Pengembangan IPTEK yang tidak selaras dengan Pancasila dapat menimbulkan masalah baru.

Contoh kasus adalah masalah intoleransi, munculnya hate speech di media sosial yang tidak disikapi dengan bijak.

Terdapat pula beberapa diskusi yang menyatakan bahwa kampus justru menjadi tempat penyebaran sikap intoleransi.

Hal ini tentunya menimbulkan keprihatinan, mengingat bahwa kampus seharusnya menjadi tempat membuka wawasan, bergaul dengan segala kalangan dan mengembangkan IPTEKS yang dapat bermanfaat bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Bahkan pada kesempatan ini mitra UP yaitu BNI memberikan hibah berupa bis kampus yang diharapkan mampu mengakomodasi sivitas akademika dalam berbagai aktivitas.

“Konsistensi kami UP dalam mengembangkan Perguruan Tinggi yang berdasarkan IPTEKS dan nilai-nilai Pancasila telah membawa UP mencapai berbagai prestasi,”katanya.

Selain itu terdapat pula PT Asuransi Tri Pakarta yang memberikan beasiswa kepada 10 mahasiswa UP yang berprestasi.