DepokNews — Universitas Gunadarma membuat kegiatan yang bisa dikatakan sangat spektakuler, karena kegiatan tersebut masuk dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI, yaitu pengecatan tembok terpanjang dengan Teknik Mural Geometris dan pengecatan tembok dengan Teknik Mural Geometris oleh peserta terbanyak.

Kegiatan yang dilaksankan pada Minggu, (21/1/2018) dan masuk rekor MURI tersebut, yaitu pengecatan tembok luar Mako Brimob Kelapa Dua Kol. Pol. Pranoto), Depok dengan Teknik Mural Geometris sepanjang 1000 meter, yang terdiri dari 500 panel. Pada setiap 10 panel di cat menggunakan teknik Mural Geometris dan diselingi panel 2 Tematik yaitu Tema Anti Narkoba, Kerukunan Masyarakat, Kesatuan bangsa, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kota Depok Ramah Keluarga, Alam dan Keindahan Lingkungan.

Pengecatan ini melibatkan 850 orang mahasiswa Universitas Gunadarma dan 150 Dosen dan Karyawan serta alumni. Total partisipasi peserta sebanyak 1000 orang, sehigga MURI memberikan dua sertifikat, pertama untuk volume atau panjang area yang dicat kedua untuk jumlah peserta yang melakukan pengecatan.

Awan Rahargo, perwakilan MURI yang menyerahkan dua sertifikat tersebut menjelaskan, ia sudah melakukan penghitungan terhadap jumlah peserta pengecatan secara riil, Awan Rahargo ikut merasa bangga Universitas Gunadarma bisa mengadakan kegiatan yang tercatat dalam Rekor MURI.

“Kegiatan pengecatan tembok sepanjaang seribu meter dengan Teknik Mural Geometris ini bisa mengobarkan semangat untuk berkreasi dan berkarya. Ini suatu semangat kebanggaan bangsa yang dikobarkan pada hari ini belum pernah terjadi di belahan dunia manapun dan ini hanya terjadi di Persada Nusantara yang kita banggakan,” kata Awan Rahargo yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Ketua pelaksana kegiatan Dr. Ir. Arief Rahman, MT, yang merupakan Ketua Jurusan Arsitektur Universitas Gunadarma mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Mako Brimob Kelapa Dua, Nippon Paint, Pemerintah Kota Depok dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini,” kata Dr. Ir. Arief Rahman.

Sedangkan Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian Universitas Gunadarma kepada masyarakat.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan masyarakat dengan menambah keindahan lingkungan sekitar, mendukung kawasan pemukiman yang bersih dan menanamkan nitai seni melalui gambar bertema mural geometris dan tematik,” kata Prof. Dr. E.S. Margianti.

Pengecatan tembok dengan Teknik Mural Geometris yanng masuk dalam rekor MURI ini juga mendapat apresiasi dari Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah III, Dr. Illah Saillah yang hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut.

“Dengan ketelitian dan kesabaran kegiatan ini bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Saya mengusulkan pada pemerintah setempat, jalan ini bisa dijadikan car free day pada hari Minggu, sehingga warga setempat bisa berjualan, sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Dr. Illah Saillah.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Kota Depok, perwakilan Korps Brimob, perwakilan TNI dan para undangan lainnya.
Pengecatan massal dengan partisipasi 1000 orang ini diliput berbagai media nasional, baik cetak, elektronik dan TV. Pengecatan Tembok dengan teknik mural geometis ini disponsori oleh Nippon Paint, Bank DKI, TigaLapan Group.