DepokNews–Untuk meningkatkan prestasi dan wawasan bersekala internasional, Universitas Gunadarma mengirim sepuluh mahasiswanya untuk belajar di Jepang. Kegiatan pengiriman mahasiswa ke Jepang tersebut merupakan realisasi Exchange Program in Science, hasil kerjasama antara Universitas Gunadarma dan Kogakuin University Tokyo Jepang.

Exchange Program in Science, Sakura Science ini adalah sebuah wujud program kerjasama antar universitas, lintas negara, dengan mengirimkan 10 orang mahasiswa Universitas Gunadarma dari Program Studi Sistem Komputer, Teknik Informasi, Teknik Elektro dan Teknik Mesin dan didampingi oleh 1 orang pendamping Dosen Universitas Gunadarma.

Acara pelepasan sepuluh mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang tersebut dilakukan di Kampus Universitas Gunadarma, Graha TB Simatupang Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III. Dr. Irwan Bastian dan diikuti 10 mahasiwa beserta para orang tuanya.

Dalam sambutannya, Dr. Irwan Bastian berpesan agar para mahasiwa bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman selama belajar di Jepang.

“Waktu satu minggu belajar di Jepang itu sangat berharga, gunakanlah semaksimal mungkin agar banyak manfaat yang bisa didapat,” pesan Dr. Irwan Bastian.

Sedangkan Ketua Panitia Exchange Program in Science, Dr. Eri Prasetyo Wibowo menjelasakan, pengiriman mahasiswa ke luar negeri tersebut sebagai salah satu bentuk

apresiasi Universitas Gunadarma kepada para mahasiswa yang berprestasi dan untuk mendorong para mahasiswa agar nantinya punya kemampuan atau keahlian bersekala internasional.

“Dengan kegiatan ini membuka peluang jika mahasiswa Universitas Gunadarma nantinya akan melanjutkan jenjang pendidikan S2 dan S3 di Jepang,” kata Dr. Eri Prasetyo Wibowo.

Dalam acara pelepasan ini, Dr. Eri Prasetyo Wibowo memberikan bekalan secara rinci dan lengkap terkait perlengkapan yang harus dipersipkan mahasiswa sebelum berangkat dan hal-hal yang harus dipahami serta ditaati saat berada di negara Jepang.

“Ini program yang baru pertama kalinya berjalan, jika nanti hasilnya bagus terbuka peluang program ini terus berlanjut, untuk adik-adik kelas Anda.

Maka saya berpesan kalian harus bersungguh-sungguh, menjaga nama baik Universitas Gunadarma, melakukan semua tugas yang diberikan oleh dosen Kogakuin University,” pesan Dr. Eri Prasetyo Wibowo.

Fahri Nurahmadi, salah satu mahasiswa yang terpilih untuk belajar di Jepang mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Universitas Gunadarma yang telah memberikan kesempatan kepada dirinya bersama teman-temanya untuk bisa belajar di Kogakuin University Jepang.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Universitas Gunadarma dan saya juga mohon doanya semoga kami bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman nanti akan sangat berguna bagi kami,” kata Fahri Nurahmadi, yang bercita-cita ingin menjadi programer.

Sepuluh mahasiswa yang akan belajar ke Jepang tersebut juga didampingi oleh seorang dosen dari Universitas Gunadarma, yaitu Dr Sigit Widianto. Direncanakan rombongan ini akan bertolak dari tanah air menuju Jepang pada tanggal 30 Juni dan akan kembali ke tanah air pada 6 Juli 2019.