Depok News — Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Bersama PT Zahir International kembali menggelar Gunadarma All About Accounting Competition (GAAAC). Pada tahun 2020 ini kegiatan GAAAC sudah kelima kalinya diadakan. Kegiatan ini bertempat di Kampus D Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya Pondok Cina Depok, Selasa – Rabu (3 dan 4 Maret 2020).

Ketua panitia GAAAC 2020, Dr. Beny Susanti, S.E., M.M. menjelaskan, acara tersebut merupakan acara tahunan Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. “Para peserta merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, bahkan ada yang dari Irian Jaya. Untuk bisa terpilih masuk babak semi final dan final ini melalui seleksi secara online, jadi yang hadir disini semua mahasiwa yang pintar-pintar sehingga bisa masuk tahapan ini,” kata Dr. Beny Susanti.

Dr. Beny Susanti juga mengatakan, para peserta yang lolos ketahapan babak semi final dan final ini nantinya diharapkan siap untuk bekerja pada berbagai lembaga atau perusahaan dengan mendedikasikan keahlianya di bidang akuntansi dan perpajakan. “Silahkan bapak ibu pimpinan perusahaan atau lembaga lainnya jika nanti akan merekrut sumber daya manusia dari para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, insya Allah mahasiswa ini pintar semua,” kata Dr. Beny Susanti.

Dr. Beny Susanti juga memberikan semangat kepada para peserta lomba, terlebih peserta dari Irian Jaya yang jaraknya sangat jauh untuk bisa hadir di Universitas Gunadarma Depok.”Peserta lomba ini ada yang dari Irian Jaya, hayo semangat dan raih juara. Namun peserta yang lain juga jangan kalah semangat,” tegas Dr. Beny Susanti.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma Prof. Dr. Didin Mukodim, Drs, M.M. Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Prof. Didin Mukodim menyampaikan apresiasi kepada Panitia dan PT Zahir International sebagai Sponsor Utama kegiatan tersebut serta beberapa Sponsor lainnya seperti DJP, Perbarindo dan Majalah Pajak. “Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Panitia dan Sponsor Acara, semoga kegiatan ini berjalan sukses dan memberikan manfaat yang besar,” kata Prof. Didin Mukodim.

Disamping lomba akuntasi dan pajak, rangkaian kegiatan juga diisi dengan Seminar Nasional. Pada 3 Maret, seminar yang bertema “Peluang dan Tantangan Industri BPR di Era Revolusi Industri 4.0” menghadirkan 2 pembicara, Richardo Simatupang (Ketua DPD Perbarindo DKI Jaya dan Sekitarnya) serta Riwandari Juniasti Ismaja (Sekretaris Jenderal DPP Perbarindo). Untuk tanggal 4 Maret seminar dengan tema “Digital Forensic in the Era of Industrial Revolution 4.0: Revealing the Digital Evidence” menghadirkan 3 pembicara, Muhamad Ismail (CEO PT Zahir Internasional), Musbakri Ahmad (Direktur Utama PT ZOOM INFOTEK TELESINDO), Izazi Mubarok (Digital Forensics Analyst Direktorat Jenderal Pajak). Kegiatan ini semakin semarak dengan pameran yang diikuti berbagai lembaga BPR (Bank Perkreditan Rakyat)

Kegiatan GAAAC 2020 ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dan pemberian hadiah lomba yang berupa uang tunai, piala, sertifikat, dan souvenir. Dari 74 tim yang mengikuti ujian online terpilih 54 tim yang masuk babak semifinal untuk mengikuti ujian secara langsung menggunakan Aplikasi Zahir dan terpilih 12 tim berhasil masuk ke babak final. Adapun pemenang lomba sebagai berikut:

Kategori Lomba Accounting Technology
Juara 1 : Universitas Pembangunan Nasional Veteran
Juara 2 : Universitas Gunadarma
Juara 3 : Universitas Muhammadiyah Makassar
Kategori Lomba Taxes Application
Juara 1 : Universitas Indonesia
Juara 2 : Universitas Yapis Papua
Juara 3 : Politeknik Ubaya
Kategori Lomba Financial Analysis
Juara 1 : Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Juara 2 : Universitas Indraprasta PGRI
Juara 3 : Universitas BSI Jakarta

Harapan

  1. STIE MBI
  2. Universitas Banten Jaya
  3. Universitas Muhammadiyah