Dr. Klas Hakan Alm dari University of Boras, Swedia saat menyampaikan materi

Universitas Gunadarma Gandeng University of Boras, Swedia Gelar Seminar Digital Economics

Posted on 759 views

DepokNews — Untuk kesekian kalinya Universitas Gunadarma menggandeng Perguruan Tinggi dari luar negeri menggelar seminar, kali ini, Selasa (9/1/2017) bertempat di  Auditorium lantai 5 Kampus Simatupang Jakarta Selatan, Universitas Gunadarma menggandeng University of Boras, Swedia menggelar seminar dengan tema ” Perspectives of
Psychology, Economics and Information Technology”.

Prof.Ir. Busono Soerowirdjo, PhD saat membuka seminar

Seminar yang dibuka oleh Prof.Ir. Busono Soerowirdjo, PhD menghadirkan Pembicara: Dr. Klas Hakan Alm (University of Boras, Swedia) dan Dr. Avinanta Tarigan (universitas Gunadarma, Jakarta) Moderator:Dr. Tubagus Maulana Kusuma.

Dalam materinya yang disampaikan menggunakan bahasa inggris Dr. Klas Hakan Alm menjelaskan semua kegiatan bisnis pada era sekarang menggunakan sitem digital.

“Dr. Klas Hakan Alm memberikan contoh, semua kegiatan belanja bisa dilakukan secara online dan begitu mudah, sambil tiduran orang bisa belanja, bahkan diilustrasikan peminta-mintapun menyediakan sarana digital, pemberi sumbangan bisa menempelkan kartu, layaknya kartu tol,” jelas Dr. Eri Prasetyo Wibowo menjelaskan kepada depoknews apa yang disampaikan Dr. Klas Hakan Alm tersebut.

Salah satu peserta seminar mengajukan pertanyaan pada nara sumber

Menurut Dr. Eri Prasetyo, Dr. Klas Hakan Alm juga menjelaskan, melakukan transaksi digital juga menimbulkan dampak psikologis seperti perasaan takut atau kawatir terkait keamananya, namun transaksi secara digital saat ini sudah menggunakan teknologi yang canggih untuk mendukung keamanan sehingga dampak psikologis rasa kawatir bisa dihilangkan.

“Psychology, Bisnis dan Information Technology atau IT ketiga-tiganya tidak bisa dipisahkan dan harus saling memperkuat,” jelas Dr. Eri Prasetyo mengulas apa yang disampaikan Dr. Klas Hakan Alm seperti tema seminar tersebut.

Dijelaskan Dr. Eri Prasetyo seminar tersebut sebagai salah satu wujud kerjasama secara nyata antara Universitas Gunadarma dengan University of Boras, Swedia. Universitas Gunadarma selama ini juga sudah menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi dari banyak negara di dunia.

Sedangkan Dr. Avinanta Tarigan dalam materinya memaparkan sistem pengamanan data terkait transaksi online.

Pada saat sesi tanya jawab, para peserta secara antusias mengajukan berbagai pertanyaan yang disampikan dengan bahasa inggris secara fasih. Kegiatan ini seminar ini diikuti para mahasiswa Universitas Gunadarma dan juga para dosen.