UMKM Kota Depok Berikan Kontribusi 65 Persen PDRB

Posted on 4 views

DepokNews — Di tengah persaingan global yang semakin ketat, geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Depok, terus menunjukkan eksistensinya. Bahkan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dihasilkan Kota Depok, 65 persennya merupakan hasil kontribusi sektor UMKM. Sedangkan 35 persen sisanya, dari sektor ekonomi lainnya, seperti dilansir depok.go.id

“Kenaikan PDRB kita, 65 persennya merupakan sumbangsih UMKM. Untuk itu kami Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan apresiasi kepada pelaku-pelaku usaha yang sampai saat ini tetap eksis dan konsisten menjalani usahanya,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris usai membuka kegiatan Festival Kuliner Depok di Halaman Ace Hardware, Margonda, Sabtu (13/05/2017).

Dikatakannya, Kota Depok memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus dikembangkan. Untuk itu, Pemkot Depok terus berupaya memberikan ruang bagi mereka, khususnya yang menggeluti UMKM dengan berbagai fasilitas untuk pemasaran, salah satunya dengan menyiapkan kios dan los.

“Selain kami rangkul UMKM di berbagai pameran, saat ini kami juga fokus menyiapkan kios dan los untuk ditempati mereka. Ini juga merupakan janji kampanye yang sedang ingin kita realisasikan,” tambahnya.

Menurutnya, target yang ingin dicapai adalah bagaimana memelihara dan mempertahankan hasil produk UMKM, agar bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas di pasaran nasional maupun internasional.

Untuk diketahui, Festival Kuliner Depok berlangsung selama dua hari yaitu 13-14 Mei 2017. Kegiatan yang ditujukan untuk promosi kuliner lokal Depok itu, tidak hanya terdapat makanan khas Depok, dalam kegiatan yang diusung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok tersebut, digelar juga beberapa kegiatan seperti senam bersama, lomba nasi uduk, talkshow, cooking class, dan dongeng.