Pengurus UMKM Kelurahn Ratujaya mengadakn acara lomba kreasi cipta menu berbahan dasar ubi. Kegiatan ini dalam rangka mmbantu para petani untuk menjual hasil panenya. Kegitan lomba kreasi menu ini berlangsung di RT.02 RW.06 Kelurahan Ratujaya, Sabtu (9/1/2021) dan diikuti puluhan peserta dengan puluhan menu yang semua berbahan baku ubi.

Ketua UMKM Kelurahan Ratujaya Bunda Rodiah berharap kegiatan tersebut akan menumbuhkan inovasi untuk membuat aneka makanan sehat berbahan baku ubi.

“Semoga dengan adnya lomba kreasi membuat olahan ubi ini kedepan akn mnjdikan peluang usaha baru bagi UMKM sekligus membntu para petani untuk membeli hasil taninya,” kata Bunda Rodiah.

Menurut Rodiah, ini lomba tercepat, baik perencanaannya, persiapanannya, dan juga para pesertanya. tidak sampai sepekan. semua tektok dan pengurus bekerja gercep.

“Alhamdulillah 20 peserta yang ikut menyajikan menu makanannya di area lomba yang berlangsung di Rodiah Terace, atau teras rumah Bu Rodiah, Sang Ketua UMKM Ratujaya, berjalan semarak dan akrab,” jelas Nurinawan sebagai Pembina UMKM Kelurahan Ratujaya.

Hal senada dikatakan, Bunda Yoely yang juga sebagai UMKM Kelurahan Ratujaya yang mengatakan, acara tersebut sekaligus sebagai ajang silaturahim.

“Antar peserta tampak saling memuji dan mencicipi menu yang dibuat rekan lainnya, tak ada kesan kalau mereka lagi berlomba,” kata Bunda Yoely.

Dewan juri pada kegiatan tersebut terdiri atas 5 orang (3 dari PKK, 1 pembina, 1 pakar boga). Dengan diskusi yang cukup alot, akhirnya berhasil memilih juara 1,2,3 dan juarah harapan 1,2, dan 3.

Berikut juaranya:

  1. No urut 18, yaitu Laras dengan nilai 2.015.
    judul: Sweet Potato Raja Bun
    (Roti Ubi Ratu Jaya)
  2. No urut 12 yaitu Ibu Reny dengan nilai 1.990
    Judul: Binyoos (bola-bola ubi)
    dan Kroket Ubi
  3. No urut 9, yaitu Ibu Rina dengan nilai 1.930
    Judul: Cake Ubi Tabur Kismis

Juaran Harapan:

  1. No urut 10 yaitu Ibu Mia dengan nilai 1.905
    Judul: Kimbab (seperti Sushi Ubi)
    dan Pancake Ubi
  2. No urut 7 yaitu Ibu Rodiah dengan nilai 1.875
    Judul: Bala-bala Crispy Emak
  3. No urut 11 yaitu Ibu Yanti dengan nilai 1.790
    Judul: Ubi Pepare (Seperti Pare dari Ubi) dan Ubi Chocolatos.

Peserta lainnya juga menampilkan produk kreatif dan inovatif, tapi Dewan Juri harus memilih enam peserta dengan ide yang lebih inovatif.

Semua produk makanan serba ubi yang dibuat oleh para Ibu dari UMKM Ratujaya nantinya diharapkan bisa dieksplor dan dikembangkan menjadi bisnis makanan yang disukai dan laris manis ke depannya.

Tim Juri:

Bunda Yoely
Ibu Tati
Ibu Marni
Ibu Nana
Mbak Fifi