www.geraidepok.com, salah satu website yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memasarkan produk UMKM secara online. (Foto: Jose/Diskominfo)

UMKM di Depok Diminta Go Online di Era Digital Saat Ini

Posted on 1,250 views

DepokNews —  Perkembangan dunia digital yang begitu pesat seperti saat ini, tidak hanya memberikan manfaat kepada masyarakat tetapi juga memberikan peluang usaha baru bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal tersebut menjadi perhatian Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) untuk mengembangkan UMKM di Kota Depok lewat pemasaran secara online.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, guna mendorong pelaku UMKM dalam memasarkan produknya secara online, pihaknya telah memberikan pembekalan kepada pelaku usaha melalui berbagai pelatihan. Salah satunya adalah pelatihan teknoprener.

“Di pelatihan teknoprener ini, para pelaku usaha diperkenalkan dengan berbagai media sosial dan juga beberapa market place yang dapat dijadikan sebagai tempat memasarkan produknya. Kemudian bagaimana mempromosikan produknya dengan menggunakan bahasa yang menarik, dan lain sebagainya,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (04/01/2018).

Lebih lanjut, Mantan Kadis Diskominfo tersebut menjelaskan, pihaknya menargetkan seluruh UMKM di Depok untuk go online. Sebab, menurut Fitriawan, masih sedikit pelaku UMKM di Depok yang memasarkan produknya secara online.

“Saat ini ada 1.500 UMKM binaan kami. Namun, jumlah UMKM yang sudah go online kami sedang mendata ulang,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pemasaran melalui media sosial dan market place memiliki banyak keuntungan. Diantaranya lebih menghemat biaya operasional dan produknya dapat dipasarkan secara luas.

“Kalau dipasarkan secara online, produk-produknya dapat dikenal luas dan dapat dibeli oleh konsumen dari kalangan manapun dan dari berbagai daerah. Tidak hanya terpaku pada suatu lokasi,” tandasnya