Petugas saat mengamankan satu ekor ular sanca

Ular Sanca Batik Masuki Halaman Rumah Warga

Posted on 1,350 views

DepokNews–Warga di komplek perumahan Bukit Sawangan Indah di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok dikagetkan dengan adanya seekor ular sanca yang tiba-tiba datang di garasi di rumah Suyanto. Peristiwa ini terjadi pada Rabu (11/7/2018).

Suyanto, salah satu warga mengatakan saat itu dirinya hendak keluar rumahnya namun saat keluar melihat adanya seekor ular sanca jenis batik.

“Kami kaget pas mau keluar kita melihat ada seekor ular yang sedang melingkar di halaman garasi rumah”katanya.

Adanya penemuan ular ini pihaknya lalu melaporkan ke warga lainnya, dan dilanjutkan ke ketua RT kemudian ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok untuk dilakukan evakuasi.

Suyanto menduga ular sanca yang diperkirakan memiliki panjang sekitar enpat meter ini berasal dari Kali Pesangrahan dan semak semak atau lahan kosong yang lokasinya tidak jauh dari rumah warga.

“Kami duga habitat ular sanca itu rusak atau berubah menjadi pemukiman dan ular sanca jenis batik itu mencari habitat barunya”katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelemat Kota Depok R Gandara Budiana membenarkan adanya ular sanca batik yang ditemukan warga di garasi rumah.

Ular berukuran besar itu masuk ke dalam rumah Suyatno, Karena takut, Suyatno dan keluarga akhirnya melaporkan temuan itu ke Ketua Rukun Tangga (RT) setempat yang kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok.

“Awalnya kami menerima warga, laporannya ada ular masuk rumah. Kemudian langsung saya tindaklanjuti dengan mengerahkan satu tim ke lokasi kejadian,” katanya.

Dikarenakan ukurannya yang cukup besar dan buas, sejumlah petugas pun harus ekstra hati-hati untuk menjinakkan hewan liar itu.

“Alhamdulillah ularnya sekarang sudah berhasil kami amankan. Panjangnya nyaris empat meter,”

Dari informasi, diduga ular jenis Sanca batik ini berasal dari Kali Pesanggrahan atau perkebunan yang ada di dekat perumahan tersebut.

Untuk sementara waktu, ular tersebut diamankan di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok.