DepokNews–Perbedaan merupakan suatu keniscayaan di tengah masyarakat Indonesia yang sangat majemuk. Suku, ras, agama, budaya, bahkan watak dari satu individu dengan individu lainnya dalam masyarakat akan sangat mungkin tidaklah sama. Beruntungnya Indonesia, memiliki para pelaku sejarah yang sudah lebih dahulu merumuskan suatu fondasi dan pedoman hidup bernegara bagi kehidupan majemuk masyarakatnya. Fondasi itu ialah Pancasila.

Dalam catatan sejarah bangsa, kita mengetahui bahwa tokoh- tokoh, seperti Soekarno, M. Yamin, H. Agus Salim, KH. Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo dan lainnya telah berperan aktif dalam menggagas dasar negara Indonesia, Pancasila, saat BPUPKI berlangsung.

Dalam konteks keagamaan, tak ada yang tidak bersepakat terhadap Pancasila, karena sejatinya semua nilai dalam Pancasila adalah nilai-nilai yang tertanam dalam semua agama.

Maka bagi seorang yang beragama dan warga negara yang baik, mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam bernegara adalah sebuah keharusan, guna turut berperan aktif dalan mencapai cita-cita Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Sayangnya, masih ada sebagian kita yang masih belum begitu paham akan makna pengamalan Pancasila ini. Maraknya peristiwa terkait isu radikalisme dan intoleransi yang akhir-akhir ini terjadi merupakan hal yang tidak diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan para pelaku sejarah.

UKM Kerohanian se-UI melalui momen lahirnya Pancasila ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya sivitas akademika UI untuk berkomitmen mempertahankan persatuan dan kerukunan bangsa melalui pengamalan sila-sila dalam Pancasila secara sungguh-sungguh dan konsisten.

Pada 18 Mei 2018 lalu juga, mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini telah mengadakan doa bersama sebagai bentuk belasungkawa sekaligus ajakan agar seluruh masyarakat Indonesia tidak terprovokasi dengan peristiwa yang tidak diharapkan di beberapa daerah di Indonesia. (Dapat diakses di https://www.depoknews.id/ukm-kerohanian-ui-gelar-doa-bersama-untuk-negeri/)

Mari mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan sungguh-sungguh dan konsisten.
Video ucapan peringatan Hari Lahir Pancasila dari UKM kerohanian se-UI :
bit.ly/pancasila2018

Selamat Hari Lahir Pancasila!
Semangat menjaga persatuan!

#SayaIndonesiaSayaPancasila