Oleh : Gina Tazkiyatun Nufus

Ukhuwah secara bahasa berasal dari kata اخ(akhun) yang artinya saudara . ukhuwah bearti persaudaraan .persaudaraan yang di maksud dalam ukhuwah ini bukan hanya terbatas pada saudara yang masih punya hubungan darah melainkan saudara seiman . sehingga dalam ukhuwah islamiyah tidak hanya terbatas oleh suku , bangsa dan lain sebagainya. Secara istilah ukhuwah adalah kekuatan iman dan spiritual yang di karuniakan oleh Allah kepada hamba-Nya yang beriman dan bertaqwa yang melahirkan perasaan yang dalam terhadap kasih sayang ,mahabbah (kecintaan),kemulian,dan saling percaya sesama orang yang terikat dengan aqidah islam ,iman dan taqwa. Tidak ada ukhuwahtanpa iman ,dan tak ada iman tanpa ukhuwah  .begitu juga tak ada persahabtan tanpa taqwa , dan tak ada taqwa tanpa persahabatan .

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat (Qs.al-Hujurat :10)

https://www.facebook.com/Grosir-Kaca-Mata-1734066946827730/?epa=SEARCH_BOX

Keutamaan – keutamaan ukhuwah islamiyah

1.Wajah mereka bersinar

Orang orang yang bersaudara dan berkasih sayang karena Allah wajahnya bersinar – sinar

2. Dosa – dosa mereka terampuni

“sesungguhnya seorang muslim apabila bertemu saudara muslim , lalu ia memegang tangannya ( berjabat tangan ) gugurlah dosa – dosa keduanya sebagaimana gugurnya daun dari pohon kering ketika ditiup angin kencang . sungguh di ampuni dosa mereka berdua , meski sebanyak buih di laut “ ( HR.Thabrani )

3. Pada hari kiamat , mereka beradadi bawh naungan Arsy

“ Dua orang yang saling mencinta di jalan Allah , keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya “ (HR . Bukhari muslim)

4. Berada dalam Naungan mahabbah ilahiyah

“ Bahwa sesorang mengunjungi saudaranya di desa lain  lalu Allah mengutus malaikat untuk membuntutinya .tatkala malaikat menemuinya , ia berkata : “kau mau ke mana ?” ia menjawab “Aku ingin mengunjungi saudaraku di desa ini” . malaikat terus bertanya : “apakah kamu akan memberikan sesuatu kepada saudaramu ? “ Dia menjawab : “tidak ada , melainkan hanya aku mencintainya karena Allah SWT”. Malaikat berkata “sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu , bahwa Allah mencintaimu sebagaimana kamu mencintai dia karena-Nya “ (HR.Muslim)

5. Berada dalam surga Allah dan keridhaan-Nya

“Barang siapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka dia akan dipanggil oleh Allah: “berbahagialah langkahmu , dan engkau telah menyediakan tempat tinggal mu di surga” (HR.Tirmidzi )

6. Merasakan manisnya iman

“ tiga perkara, barang siapa memilikinya, ia dapat merasakan manisnya iman, yaitu cinta kepada Allah dan Rasul-Nya melebihi cintanya kepada selain keduanya, cinta pada seseorang karena Allah, dan membenci kekafiran sebagaimana ia tidak mau di campakkan ke dalam api’ (HR.Bukhari muslim)

Wahai saudara seiman dan seaqidah , ituah beberapa keutamaan duniawi dan ukhrawi yang paling penting bagi mereka yang menempuh perjalanan ukhuwah islamiyah dan menceburkan dirinya menjadi hamba Allah sejati .

Wajah mereka berseri – seri terkena patulan cahaya imani. Dosa-dosa mereka berguguran laksana daun-daub yag berguguran dari pohon kering yang di tiup angin kencang . Allah melindungi mereka dan menempatkannya di bawah naungan Arsy pada hari yang tidak ada naungan melainkan naungan-Nya . Allah menyirami meeka dengan telaga cinta-Nya, menempatkan di dalam surga-Nya yang sangat luas,. Mereka menjadi manusia yang dapat meresapi manisnya iman dam islam .

Betapa mulianya dan betapa akrabnya di kala mereka saling berjabat tangan , mereka saling mencintai, maka terjalinkan satu ikatan abadi, ikatan persaudaraan di jalan Allah, ukhuwah islamiyah.

Betapa tinggi kedudukan mereka di sisi Allah, betapa mulia tempat  mereka, ketika mereka berjalan  di jalan persaudaraan,persahabatan dan kasih sayang, karena-Nya.