Ujian Mandiri Politeknik Negeri Jakarta  Diikuti 5.710 Peserta, Kuota Terbatas

Posted on 7 views

Oleh : Jamilah  (Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta)

Depok- Ujian Mandiri Politeknik Negeri (UMPN) 2017 diselengarakan serentak di seluruh politeknik negeri pada Sabtu 20 Mei 2017.Di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), proses ujian seleksi calon mahasiswa telah berlangsung dan diikuti oleh ribuan peserta.

Ketua UMPN 2017 Jakarta Fachruddin,M.T mengatakan, UMPN 2017 diikuti 5.710 peserta,yang terdiri atas 2.885 peserta ujian Saintek dan 2.825 peserta ujian Soshum.Selain itu  terdapat peserta ujian UMPN yang berkebutuhan khusus diperkirakan 25 orang.

“Peserta sangat antusias mengikuti ujian UMPN Jakarta yang diikuti calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sekitar 50% berasal dari Jawa Barat,40% dari DKI Jakarta dan 10 % luar jabodetabek dan Daya tampung peserta untuk diterima menjadi mahasiswa PNJ sekitar 800 orang dari Saintek maupun Soshum”ucapnya.

Seketaris jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP) Susilawati Thabrany,M.Si mengatakan,pada tahun ini,jurusan IT dan Multimedia yang menjadi incaran mahasiswa baru pada umumnya sedangkan di jurusan Teknik Grafika dan penerbitan sendiri program studi yang banyak diminiti yaitu Penerbitan dan Desain Grafis.

Peserta yang mengikuti ujian di Gedung Z berjalan dengan kondusif dan serius menjawab lembaran soal yang diberikan pengawas ujian.”untuk keamanan soal sangat terjaga karena salah satu peserta maju untuk menjadi saksi lembaran soal yang masih tersegel rapih di dalam amplop”ujar Rhezha pengawas UMPN di Gedung Z.

Wali murid yang ikut mengantar anaknya untuk mengikuti ujian UMPN menunggu di luar gedung agar calon mahasiswa lebih fokus mejawab soal ujian.Gita orang tua peserta ujian mengatakan,ia mengikutkan anaknya ujian UMPN berharap agar buah hatinya dapat menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

“Soal dari UMPN tidaklah sulit akan tetapi calon mahasiswa harus lebih teliti saat membaca dan mengisi soal dan tidak lupa untuk membawa peralatan dan perlengkapan ujian agar dapat menjawab soal dengan baik” ucap Denna peserta ujian Bidang Rekayasa.