DepokNews–Memasuki hari kedua Uji Coba atau simulasi Pembelajaran Siswa dimasa pandemi atau PTMT di Kota Depok terlihat ada yang menarik perhatian dengan dihadirkannya Inovasi teknologi sterilisasi ruangan berbasis Ultraviolet-C (UVC) bernama Airdisinfex. Metode yang dikembangkan alumni UI dengan wadah FUSI Foundation ini sendiri sudah sejak tahun 2020 telah ambil bagian secara nasional guna memberi solusi pengendalian pandemi pada berbagai fasilitas gedung instansi Pemerintah/Swasta juga rumah ibadah. 

Hadir dalam simulasi PTMT di SMPN 2 Depok dan SD/SMP Al Azhar GDC, Wakil Walikota Depok Ir Imam Budi Hartono turut menyaksikan dan menjelaskan kepada para murid  dan orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah percontohan tersebut bahwa beliau turut bangga dan bahagia atas inisiatif alumni UI yang juga almamaternya lewat kontribusi ilmiah serta konkrit ini, terobosan ini sangat menunjang upaya pemerintah kota Depok guna memberikan rasa aman bagi guru, murid dan orang tua dalam menerapkan program PTMT dengan tujuan agar higienitas udara dalam proses pembelajaran ini terjaga, sehingga udara di dalam ruangan lebih sehat terutama yang memiliki keterbatasan ventilasi.

Teknologi yang terbukti efektif menghindarkan penularan Covid19 ini telah menjadi layanan kepada 102 orang alumni UI dan keluarganya yang terpapar Covid19 dan melakukan isolasi mandiri dengan bantuan alat ini pada periode pendemi Juli-Agustus 2021 lalu. Semua didahului kajian yang mendalam dan secara ilmiah merujuk pada riset 239 orang ahli di dunia yang telah menyampaikan kepada WHO bahwa virus corona dapat menular melalui udara (airbone transmission) dan ukuran virus yang telah memenuhi kriteria airborne. Oleh karenanya penerapan Sinar UVC melalui alat Airdisinfex yang diaplikasikan Pemerintah Kota Depok pada PTMT ini diyakini merupakan salah satu solusi peningkatan keamanan dan kesehatan lewat disinfeksi udara yang tepat, sebagaimana diungkapkan salah seorang tim ahli yang mensupervisi teknologi ini yakni Dr Askar Triwiyanto dari ILUNI UI.

Untuk diketahui secara internasional alat ini telah berpartisipasi pada International Conference on Ultraviolet Disinfection for Air and Surfaces (ICUDAS), Wisconsin – USA, Desember 2020, IUVA Asia Workshop Tshinghua University – China, 18-19 Feb 2021 serta tampil dalam Pameran Hannover Messe 2021, Germany 12-16 April 2021.

Imam menghimbau agar upaya preventif terbaik dalam PTMT harus diupayakan oleh semua pihak agar proses pembelajaran di sekolah berangsur-angsur normal kembali, dan tetap dengan disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan.