DepokNews –Lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia The Times Higher Education (THE) kembali merilis THE Asia University Rankings 2021 melalui laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2021/regional-ranking, pada Rabu, 2 Juni 2021.

Dalam reles tersebut Universitas Indonesia (UI) menempati posisi teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, peringkat ke-15 di Asia Tenggara, dan memeroleh peringkat ke-194 di dunia, dengan nilai keseluruhan 32.9.

Dalam menentukan pemeringkatan ini, THE melihat dari data yang mencakup 551 universitas dari 30 wilayah. THE World University Rankings adalah satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti para perguruan tinggi tersebut yang meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang.

THE Asia University Rankings 2021 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings, dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.

Indikator kinerja THE Asia University Rangkings 2021 dikelompokkan menjadi lima bidang, yaitu Teaching (the learning environment); Research (volume, income and reputation); Citations (research influence); International outlook (staff, students and research); dan Industry Income (knowledge transfer). Pada indikator Industry Income, UI memperoleh skor tertinggi dari 4 indikator lainnya. Jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain yang ada di Indonesia, UI menempati peringkat pertama se-Indonesia. Selain itu, skor UI pada indikator International Outlook, Research, dan Teaching menjadi yang paling unggul di Indonesia.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, PhD menanggapi hasil ini dengan sangat positif dan mendorong agar UI selalu berjuang untuk lebih maju lagi, jangan berpuas diri.

“Tantangan di depan makin berat dan kita harus siap. Perguruan tinggi memiliki kontribusi yang besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang adaptif di era revolusi industri yang bergerak sangat cepat. Semoga UI dapat terus meningkatkan prestasinya, berkontribusi nyata dalam membangun negeri, khususnya dalam menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global.”pungkasnya.