UI Career Dipadati Pencari Kerja

Posted on 985 views

DepokNews–Para pencari kerja pada Jumat (21/9) mendatangi kampus UI Career & Scholarship Expo  di Balairung kampus Universitas Indonesia.

Warga yang mencari kerja khususnya fresh graduated nampaknya antusias mengunjungi Career and Scholarship Expo XXVI Universitas Indonesia di Balairung.

Pengunjung terlihat berbondong-bondong mendatangi booth untuk memberikan surat lamaran dan curiculum vitae (cv) terbaiknya.

Terlihat pula diantaranya bertanya-tanya ke stand-stand perusahaan tersebut mengenai pekerjaan yang akan ia ambil.

Salah satunya Yanti warga Jakarta Selatan ini sedang mengantre memberikan cv terbaiknya untuk diterima di salah satu perusahaan yang sedang berada di pameran.

“Saya sudah memberikan cv saya ke tiga perusahaan tadi, ini lagi ngantre yang keempat,” ucapnya.

Sama halnya dengan Hilman, seorang fresh graduated asal Malang ini mengatakan, ia ingin mencari kerja di Jakarta.

“Saya kuliah dan tinggal di Malang, saya ke Jakarta mau kerja. Pas tau ada event ini saya langsung dateng ke sini naro lamaran yang banyak. Syukur-syukur ada yang nyangkut,” ucapnya.

Momen ini pun dimanfaatkan dirinya untuk mendapatkan pekerjaan yang ia inginkan terlebih ada perusahaan impiannya yang ikut serta dalam pameran itu.

“Saya ingin banget kerja di Shopee sih mau jadi Marketingnya tapi tadi yang daftar ramai banget. Ya percaya aja lah keterima,” ucapnya.

Kemudian Halimah, salah satu mahasiswa di Bogor ini rela terkena hujan untuk datang ke bursa kerja ini.

“Gapapalah basah dikit namanya juga cari kerja ya harus ada pengorbanan sedikitlah,” ucap Halimah.

Tidak hanya perusahaan  pun yang ia datangi, ia juga mendatangi booth-booth yang menawarkan beasiswa lanjutan kuliah.

“Iya saya juga tadi ke booth yang nawarin beasiswa siapa tau bisa lanjut S-2. Nanya-nanya sih tadi sambil ngisi formulir,” ucapnya.

Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti menambahkan dalam rangka memfasilitasi pertemuan pencari kerja dengan perusahaan, penyebarluasan informasi pasar kerja dan memberikan informasi pendidikan pascasarjana bagi para lulusan UI maupun perguruan tinggi lainnya, Universitas Indonesia (UI) untuk ke-26 kalinya kembali menggelar UI Career & Scholarship Expo yang berlangsung pada 20 – 22 September 2018 di Balairung UI, Kampus Depok.

Tidak kurang dari 51 perusahaan nasional maupun multinasional dan media partner serta 11 lembaga pendonor beasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dia mengatakan lebih dari sembilan pengunjung yang terdiri atas fresh graduate (wisudawan/lulusan Agustus 2018), alumni, mahasiswa tingkat akhir UI serta masyarakat umum diproyeksikan mengunjungi bursa kerja dan beasiswa ini.

Rangkaian kegiatan diantaranya eksibisi, presentasi perusahaan maupun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara serta seminar persiapan melanjutkan studi dan seminar karir.

UI Career dan Scholarship Expo merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Career Development Center (CDC) UI sebagai pusat pengembangan karir dan kualitas sumber daya manusia di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI.

“Tidak hanya menyelenggarakan Career and Scholarship Expo, CDC kami UI juga menggelar kegiatan rutin lainnya seperti program persiapan karier, softskill training serta tracer study,”katanya.