DepokNews – Menteri Dalam Negeri (Kemendagri), Tito Karnavian mengucapkan selamat HUT Kota Depok yang ke-22.

Pada kesempatan tersebut, Tito juga menjelaskan sejarah Kota Depok. Dahulunya kata Tito Depok hanyalah kota administrasi sekitar tahun1981. Namun tahun 1989 oleh Kemendagri Depok ditetapkan sebagai daerah tingkat dua bersama dengan Kota Cilegon.

Dijelaskan Tito secara geografis Kota Depok berbatasan langsung dengan Ibu Kota atau kota satelit. Kota Depok juga termasuk salah satu Kota yang penduduknya banyak. Hal tersebut melahirkan berbagai masalah.

“Masalah di Depok dan DKI saling berpengaruh dan Depok juga berbatasan dengan Bogor dan masalah juga hampir sama. Setiap permasalahan antara tiga wilayah tersebut pasti saling berpengaruh,”ujarnya. Senin (27/4/2021).

Untuk itu lanjut Tito dibutuhkan kerja sama yang baik dengan Bogor dan DKI. Sehingga terbangun harmonisasi antara daerah. Selanjutnya Kota Depok juga daerah yang memiliki aliran sungai. Kondisi ini kata Tito sangat rawan dengan bencana banjir.

“Apalagi sungai berasal di wilayah tengah. Artinya berpengaruh dengan daerah lain. Program sampah,waduk dan patut terhadap tata ruang, dan ruang hijau perlu digalakkan, sehingga banjir bisa dihadapi,”beber Tito.

Mantan Kapolri ini juga mengajak warga Depok untuk terus patut mematuhi protokol kesehatan. Sebab di Kota Depok juga Pandemi Covid-19 masih harus diwaspadai.

” Mari kita sama-sama jaga diri kita dan Lingkungan dengan tetap menerapkan Protokoler kesehatan,”pungkasnya.