Turut Wujudkan Depok Cerdas, Baznas-Al Karimiyah MoU Beasiswa

Posted on 21 views

DepokNews –Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok melakukan MoU dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Karimiyah Sawangan. MoU tersebut merupakan salah satu program dari Baznas Kota Depok.

“Baznas memiliki lima program pokok yakni Depok Cerdas, Depok Sejahtera, Depok Sehat, Depok Peduli dan Depok Bertaqwa. Dalam program Depok Cerdas ini kami melakukan MoU dengan memberikan beasiswa kepada warga Depok yang secara Fiqiah ia adalah mustahiq,” ujar KH Encep Hidayat, Ketua Baznas Kota Depok.

Ia menambahkan, bahwa program tersebut berlaku untuk anak sekolah di setiap jenjang pendidikan seperti SD, SMP, SMA serta perguruan tinggi. Pihaknya hingga kini telah melakukan MoU dengan dua perguruan tinggi di Depok di antaranya SEBI dan STAI Al Karimiyah.

“Di STAI Al Karimiyah kami mengalokasikan untuk 16 orang mahasiswa yang termasuk mustahiq dan mereka berkecimpung di tengah-tengah masyarakat, yang bergerak di bidang agama namun mereka memiliki keterbatasan ekonomi. Maka dari itu kami bantu melalui program beasiswa,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam menggelontorkan beasiswa pihaknya menginventarisir terlebih dahulu para mahasiswa yang memiliki kecerdasan namun terkendala dengan masalah ekonomi.

“Kami bersinergi dengan visi Kota Depok yakni sebagai kota yang unggul, nyaman dan religius. Bagaimana bisa unggul kalau masyarakatnya tidak berdaya, salah satu pemberdayaannya melalui program Baznas yang tertuang dalam Depok Cerdas,” jelasnya.

Dirinya berharap, setelah dibantu biaya perkuliahannya dan mampu menyelesaikan kuliahnya dengan baik, para mahasiswa penerima beasiswa dapat memiliki kualitas dan kemampuan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Sehingga apa yang dicanangkan pemerintah dalam hal pengentasan kemiskinan dapat dilakukan dengan baik,” katanya.

MoU yang dilakukan oleh Ketua Baznas, KH Encep Hidayat dan Ketua STAI Al Karimiyah, H Pipin Abdurrahim, disaksikan pula oleh Wakil Ketua II Baznas, Ustad H Abd Ghofar, dan Wakil Ketua IV Eko Setiawan.

Sementara dari pihak STAI Al Karimiyah turut menyaksikan MoU tersebut Ketua Prodi, H Toyyibudin, struktural serta civitas STAI Al Karimiyah.

Selain melakukan MoU beasiwa dengan Al Karimiyah Baznas Depok juga melakukan Mou dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI).