Turap Setinggi 7 Meter di Cipayung Depok Rubuh Timpa Rumah Warga

DepokNews- Hujan deras di Kota Depok menyebabkan turap setinggi 7 meter ambrol dan menimpa rumah warga yang berlokasi di Kampung Rawa Geni Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung.

Diketahui turap tersebut merupakan turap perumahan yang dibangun oleh pengembang PT Barazaki II Residence. Pengembang itu sedang melakukan pembangunan dan posisi nya berada di atas rumah warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto Djorghi mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB pada Minggu (4/2/2018).

“Turap menimpa satu rumah warga yakni milik Bapak M. Mihtahudin yang berlokasi di RT 03 RW 02 Kampung Rawa Geni Kelurahan Ratu Jaya, Cipayung. Akibatnya tiga kamar rusak berat, dinding rumah hancur, namun beruntung tidak ada korban jiwa,” jelas Manto Senin (5 /2/2018).

Atas kejadian tersebut, pihaknya sudah mengirimkan petugas dari Dinas PUPR untuk mengecek lokasi. Pihaknya menugaskan petugas lapangan untuk bantu warga yang rumahnya kena longsor. Polisi juga sudah memberi garis polisi.

Manto mengungkapkan jika peristiwa longsor tersebut adalah yang pertama terjadi di tahun 2018. Ini yang pertama kali, dan pihaknya berharap tidak ada lagi longsor lain.

“Kalau titik rawan longsor pada tahun 2017 ada 31 titik. Semuanya tersebar di seluruh kecamatan dan semua wilayah tersebut juga sudah diperbaiki. Ada yang dipasang brojol dan perbaikan turap,” ungkapnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Depok menggelontorkan Rp 34,9 miliar untuk menurap 103 titik sungai dan drainase guna meminimalisir dampak banjir dan daerah rawan longsor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok Manto mengatakan penurapan dilakukan di 11 kecamatan, dan mulai dilakukan bertahap sejak bulan Maret-Desember 2017.(mia)