Tumbuhkan Generasi Cerdas Akhlak Mulia, DKM Al Ikhlas D’ MAP Residence Ratujaya Gelar Sanlat

Posted on

DepokNews — DKM Al Ikhlas D’ MAP Residence menyelenggarakan pesantren kilat perdana pada Ramadhan 1438 H kali ini dengan tema “Cerdas Fikir Mulia Akhlak”. Acara ini dilaksanakan dua hari penuh, tanggal 10 dan 11 Juni 2017.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai macam kegiatan seru yang mengasah kreatifitas. Acara ini diikuti oleh anak-anak dilingkungan D’ MAP Residence usia SD sampai SMP.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya dongeng bersama Jemari Hikmah dengan tema Semangat Berpuasa pada hari pertama, dan dongeng anak bersama kak Igit dengan tema akhlak islami pada hari kedua.

Selain itu peserta sanlat juga mengikuti berbagai kegiatan games menarik seperti perahu Nabi Nuh, silang botol, senam pinguin dan lain-lain.

Peserta sanlat juga diajak untuk melakukan roleplay memilah sampah setelah menerima materi ‘Kujaga Bumiku’ yang disampaikan Kak Ulfa.

Kegiatan seru lainnya yang dilakukan diantaranya membuat kreasi kartu ucapan lebaran dengan bentuk pop up dan membuat kolase pada kaligrafi mahfuzhat. Peserta sanlat juga diajak untuk membuat puzzle dengan kreasi mandiri berbentuk mesjid.

Kegiatan yang menyenangkan ini juga diisi dengan kegiatan dhuha bersama, muraja’ah qur’an sebagian juz 30, juga mabit bagi peserta putra tingkat SD kelas 4 SD sampai SMP untuk menanamkan sikap cinta mesjid.

Bagi peserta SD kelas 4 sampai SMP, mereka juga mendapatkan tamu istimewa seorang psikolog putra dan putri sebagai teman diskusi mengenai dunia remaja.

Sebagai penutup acara, peserta sanlat melaksanakan kegiatan wisuda pada malam Nuzulul Qur’an dengan menerima sertifikat dan hasil portofolio kegiatan selama mengikuti pesantren kilat.

Kegiatan ini bertambah seru karena melibatkan pendamping fasilitator Remaja tingkat SMA dan mahasiswa dilingkungan D’MAP Residence, sehingga kebersamaan berbagai tingkat usia semakin terasa pada kegiatan pesantren kilat ini.

Semua peserta terlihat antusias meski kegiatan berlangsung padat.

Kesan terbaik peserta sanlat mereka tuliskan dalam lembar refleksi di akhir acara, dengan menuliskan tekad mereka setelah mengikuti kegiatan pesantren kilat ini.

Sebagian diantara mereka menuliskan akan lebih rajin sholat berjama’ah ke mesjid dan lebih bersemangat belajar tentang Islam.

Semoga kegiatan kali ini memberikan pengalaman positif dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh peserta sanlat.