DepokNews — Sebanyak tujuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Kota Depok menerima akreditasi dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris kepada tujuh lembaga yang telah memenuhi standar kelayakan Lembaga Kesejahteraan Sosial yang telah ditetapkan oleh Kementrerian Sosial.

Atas akreditasi tersebut, Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Kota Depok, Munheri Koto mengungkapkan rasa terima kasihnya. Penghargaan tersebut, dikatakannya merupakan bentuk perhatian pemerintah, sehingga LKS bisa memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat. “Dengan akreditasi ini, meningkatkan kepercayaan diri bagi kami dan juga masyarakat, karena sudah diverifikasi oleh pemerintah,” katanya, di Lapangan Balaikota Depok, Senin (12/02/2018).

Adapun akreditasi yang diberikan Kemensos ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori B (Good) dan Kategori C (Fair). Adapun LKSA yang mendapatkan akreditasi kategori B yakni, Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Yatim Piatu Yayasan Darussalam Kecamatan Sukmajaya, LKSA Panti Asuhan Yatim Piatu dan Duafa Sakinah Kecamatan Pancoran Mas, LKSA Ar-Ridho Pancoran Mas dan LKSA An-Nur Pancoran Mas. Sementara, LKSA dengan kategori C diberikan kepada tiga lembaga yang ada di Kecamatan Tapos, yaitu LKSA Bina Remaja Mandiri, Riyadush Sholihin dan LKSA Sirojul Quran.

“Tentu diberikannya akreditasi, tidak terlepas dari sinergitas kita dengan Pemkot Depok, khususnya Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Mereka rutin melakukan pembinaan tentang pemberdayaan ekonomi. Dengan demikian, kualitas LKSA kami juga secara tidak langsung terangkat,” kata Munheri.

Walikota Depok Mohammad Idris menerangkan bahwa akreditasi diberikan kepada LKS yang telah memenuhi kelayakan dan standarisasi lembaga yang didasarkan pada penilaian program, sumber daya manusia, manajemen dan organisasi, sarana dan prasarana, serta hasil pelayanan kesejahteraan sosial.

“Akreditasi di lembaga pendidikan dan kesehatan sudah lama berjalan dengan baik di Kota Depok. Diharapkan kedepan, semua Lembaga Kesejahteraan Sosial di Kota Depok terakreditasi,” harap Walikota.