DepokNews–Team Relawan Inovatif Loyalis Idris Imam Sejati atau Triilis meluncurkan media sosialisasi untuk pemenangan pasangan Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono melalui One Way.

Ketua Triilis Yusuf Trilis Hendra kepada wartawan mengatakan selain baliho, spanduk, dan poster dengan sistem pencetakan digital yang menjadi tren pada pelaksanaan Pilkada Depok 2020.

Salah satu media untuk memenangkan pasangan Idris Imam Triilis menggunakan media kampanye One Way Vision

“One Way Vision juga ambil bagian. Apa itu One Way Vision? One Way Vision (OWV) adalah kaca film bergambar pada kaca-kaca mobil,”katanya.

Vision adalah jenis stiker yang biasanya ditempatkan dan direkatkan pada media kaca dan hanya dapat dilihat dari satu sisi saja, sedangkan sisi lainnya transparan.

Biasanya disebut juga sebagai stiker perforasi karena bentuknya yang berlubang-lubang. 

Karena sifatnya yang tembus pandang, stiker ini biasanya hanya dipasang di kaca baik exterior maupun interior.

Untuk penggunaan eksterior sebaiknya ditambah pelindung tambahan berupa stiker laminasi agar lebih tahan lama.

Umumnya, ketahanan warna pada media ini bisa mencapai 3 tahun atau lebih, hal ini sangat tergantung arah cahaya matahari, warna, dan kondisi cuaca lainnya. 

Sticker one way banyak digunakan di kaca ruko , mobil, untuk media promosi lainnya dan salah satunya di masa Pilkada ini.

Sesuai namanya, orang dari luar tidak dapat melihat ke dalam mobil dan hanya dapat melihat gambar yang terpampang.

Sementara itu, dari dalam, pengemudi dan penumpang bebas melihat ke luar.

Jika sebelumnya OWV marak dipasang pada mobil-mobil dinas untuk pemasaran produk atau jasa, sekarang para relawan, tim sukses juga menghias mobilnya dengan gambar jargonnya melalui medium ini.

Karena melihat perkembangan tren ini, Yusuf pun mengadopsi metode ini untuk berkampanye Idris dan Imam.

Namun, Yusuf mengaku baru menggunakan metode ini dalam tiga minggu terakhir.

“Baru saja karena saya menyadari itu (OWV) jangan dijadikan atribut inti. Ini hanya untuk mengingatkan konstituen yang sudah pernah kita datangi saja,”katanya.

Selain dipasang di mobil pribadinya, One Way Vision yang memuat informasi dari pasangan Idris Imam itu dipasang dikaca mobil pribadinya.

Dirinya mengaku melirik metode ini karena biayanya tidak terlalu mahal.

Biaya pembuatannya terjangkau per meter persegi, belum termasuk diskon jika membuat dalam jumlah besar.

Strategi kampanye menggunakan one way bisa memiliki pengaruh besar bagi peningkatan elektabilitas suara Imam dan Idris di Pilkada Depok.

“Pengaruh kampanye model itu bisa menumbuhkan popularitas (tingkat keterkenalan, dan bisa menambah elektabilitas suara,”katanya.

Dalam upaya meraih kemenangan suara Idris-Imam ada dua konsep yang harus dijalankan yakni konsep modern dan tradisional.

Pilkada yang rencananya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang ditentukan oleh partisipasi masyarakat dengan cara one person one vote,”