DepokNews–Konawe Selatan (29/12/19). Setelah sempat tertunda, Minggu (29/12/19) ini DPC PATRI Konawe Selatan (Konsel-red) akhirnya dikukuhkan. Pengukuhan dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP PATRI (Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia) Hasprabu. 

Setelah pengukuhan didampingi Ketum DPD PATRI (Suhardiman) dan Ketua Ombudsman Sulawesi Tenggara (Sultra-red) yang juga pengurus DPD PATRI Sultra (Mastri Susilo), mengunjungi Desa Sindang Kasih. Desa Sindang Kasih adalah eks permukiman Transmigrasi tahun penempatan 1968 di Konsel.

Kegiatan ini bagian dari safari kegiatan Ketum DPP PATRI di Sultra. Sebelumnya Ketum DPP PATRI juga mengukuhkan kepengurusan DPC PATRI Konawe Utara dan peletakan batu pertama kantor DPC PATRI Konawe Utara (27/12/19).

Hadir dalam pengukuhan antara lain Sjamsul (Staf Ahli Bupati Konsel-red), aparat Polri, tokoh masyarakat, dan Ketua DPD PATRI Sultra. Acara dilakukan di Hotel Potorro, Konsel. Dihibur kesenian warga trans, cakilan.

“Setelah beberapa hari ke Konut (Konawe Utara-red), Konsel, dan lanjut ke Sindang Kasih, kita semakin yakin, peran Transmigrasi dalam turut memajukan pembangunan daerah semakin nyata. Di Sultra, dari 17 daerah tingkat II, ada 8 kabupaten kawasan transmigrasi”, ujar anak Trans Polri Jayaguna Lampung tersebut kepada wartawan.

Ditambahkan Syamsul, kebijakan kepala daerah yang terbuka menerima kehadiran Transmigran turut mendorong kemajuan Konsel hari ini. “Dalam menempatkan kepala SKPD, Bupati kami juga objektif. Mereka yang punya kapasitas, diberikan peluang sama sebagai pimpinan SKPD. Ini juga penyebab Kabupaten Konsel berkembang”, ujarnya.

Setelah dikukuhkan, Sucipto Ketua DPC PATRI Konsel periode 2018-2023, langsung memimpin Rakercab (Rapat Kerja Cabang) bersama jajarannya.

(spb)