DepokNews– TNI Kodim 0508/Depok Dan Polresta Depok mengerahkan alat teknologi berupa drone untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Covid19.

Kapolrestro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah didampingi Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj, Rabu (1/4/) sore mengatakan yang membedakan kali ini adalah teknologi yang digunakan karena penyemprotan dilakukan menggunakan drone.

Tujuannya agar sebaran cairan merata di seluruh bagian gedung dan menyebar di sudut yang tak terjangkau. Penyemprotan menggunakan drone ini pertama kalinya di Depok.

Dengan teknologi ini penyemprotan pun menjadi lebih luas sebarannya. Selain itu penyemprotan menggunakan drone ini bisa lebih efektif untuk memberantas virus.

“Jadi yang dilakukan saat ini adalah dalam rangka mengikuti anjuran Pemerintah bahwa kita harus bersama-sama menghambat penyebaran virus. Berbagai macam sudah diupayakan mulai dari penyemprotan massal dan parsial. Kebetulan ada upaya yang lain salah satunya dari udara yaitu menggunakan drone,” katanya.

Penyemprotan di Polrestro Depok dan Kodim 0508/ Depok merupakan sukarela dari PT Nusa Indonesia.

Kapolres menuturkan, metode ini bisa diterapkan di Depok dan akan diusulkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Kota Depok.

“Kita bisa usulkan ke Gugus Tugas untuk memanfaatkan drone ini karena jangkauannya lebih besar dibandingkan menggunakan transportasi darat. Kalau transportasi darat kita harus melewati gang yang mungkin sempit tidak terjangkau. Tapi kalau udara utanya drone ini bisa menjangkau hampir seluruh wilayah,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kababinminvetcad Kodam Jaya Kolonel Inf Eko Natalius menambahkan, penyemprotan drone pertama kali di Depok ini merupakan sebuah terobosan.

Diharapkan ini bisa menjadi contoh di wilayah lain.

“Saya baru lihat ini baru Depok yang begini, Pak Dandim dan Pak Wakil Walikota nanti kita lapor kepada pimpinan sehingga nanti bisa diberdayakan. Tadii kita sudah lihat kecepatannya kita lihat kemampuannya. Saya rasa ini bisa menjadi contoh untuk wilayah lain,” katanya.

Sementara itu, CEO Nusa Indonesia, Rama Tribudiman menambahkan, teknologi ini sudah dimanfaatkan di wilayah perkebunan.

Ditengah pandemi sekarang, teknologi ini bisa menjadi alternativ karena efektivitas sebaran dari drone sendiri.

“Ini upaya untuk memerangi Covid-19 menggunakan disinfektan diangkat dengan drone. Ini mampu membawa 16 liter,” katanya.