TK Arrahman Islamic School Cinere Depok, Siap Raih Juara Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Posted on

DepokNews — TK Arrahman Islamic School Cinere, siap meraih juara dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional, mewakili Provinsi Jawa Barat. Berbagai persiapan dilakukan dalam mengikuti lomba tersebut. Kepala Sekolah TK Arrahman Islamic School, Siti Marfuah, memaparkan program-program yang ada di TK Arrahman Islamic School, dihadapan para Tim Penilai dimana kedatangannya disambut langsung oleh Ketua Pembina UKS Kota Depok, Pradi Supriatna.

Siti Marfuah menerangkan bahwa saat ini TK Arrahman Islamic School memiliki 96 anak didik, yakni 57 anak didik laki-laki dan 39 anak didik perempuan. Visi UKS TK Arrahman Islamic School ialah mewujudkan pendidikan berbasis lingkungan yang diturunkan ke dalam empat misinya. Dengan moto ‘Pembiasaan PHBS, Ciptakan Generasi Yang Unggul dan Berprestasi’ berbagai program dan kegiatan dilakukan dalam mendidik anak sedini mungkin untuk berperilaku bersih dan sehat.

“Kegiatan fisik diantaranya melalui outbond, juga ada kegiatan cookery sate buah dan makan sayuran sehat, juga ada penyuluhan tentang pemilahan sampah. Hal ini untuk membiasakan kebiasaan baik sedini mungkin,” terang Siti Marfuah. Peragaan tujuh langkah cara cuci tangan yang baik dan benar juga dikemas dengan lagu dan senam agar mudah diingat dan dicerna oleh anak-anak. “Kita juga membiasakan anak-anak untuk membawa saputangan sendiri, untuk menjaga kebersihan dan untuk lebih higienis, dibanding menggunakan lap tangan secara bersama-sama,” tambahnya.

Selain itu, inovasi TK Arrahman Islamic School dengan membiasakan sarapan dan makan siang bersama. “Layanan pendidikan dengan pembiasaan sarapan dan makan siang di sekolah untuk memenuhi gizi seimbang. Dimana biasanya orang tua murid membekali anak-anaknya dengan makanan serba instan seperti nugget, sosis, mie dan lain-lain. Dengan pembiasaan sarapan dan makan siang bersama di sekolah, kami mengenalkan sekaligus membiasakan anak-anak untuk makan sayuran hijau yang kaya serat untuk pemenuhan gizi seimbang,” terangnya. Setelah makan siang, anak-anak juga di ajarkan dan dibiasakan untuk menggosok gigi. Selain itu siswa siswi TK Arrahman juga melakukan aksi bersih lingkungan sekolah tiap hari Jum’at.

“Kami juga melakukan penimbangan berat badan dan tinggi badan secara rutin per triwulan. Anak-anak juga kami biasakan untuk senantiasa menjaga kebersihan rambut, kuku dan telinga,” ujar Kepsek TK Arrahman Islamic School. Ruang UKS juga dilengkapi dengan sitem komputerisasi dengan fasilitas dua tempat tidur. TK yang mewakili Jawa Barat di tingkat nasional ini juga menyediakan ruang konseling dengan psikolog dan juga sarana bermain bagi anak-anak yang menarik, nyaman dan aman.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, Jannah mengatakan Lomba Sekolah Sehat ini sebagai motivasi untuk berperilaku hidup sehat. “Mudah-mudahan apa yang menjadi kebijakan dari peraturan bersama empat kementerian ini, juga menjadi komitmen kita bersama dalam pelaksanaan UKS dan perilaku hidup bersih dan sehat. Lomba ini sebagai dorongan dan motivasi, semoga bukan sekedar menjadi lomba tapi perilaku hidup bersih dan sehat menjadi habbit atau kebiasaan bagi kita semua,” ujarnya.