Tips Sehat Menurunkan Berat Badan dalam Waktu Singkat

Posted on

DepokNews — Tips sehat menurunkan berat badan menjadi bacaan wajib mengingat berat badan merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang sering dijadikan prioritas utama bagi kebanyakan orang, khususnya kaum wanita. Selain menyehatkan, berat badan yang proporsional juga menunjang penampilan seseorang menjadi lebih menarik ketika dipandang. Berat badan diantaranya dipengaruhi oleh faktor genetis dan faktor lain seperti pola makan dan asupan nutrisi.

Pada prinsipnya, menurunkan berat badan berarti mengurangi lemak berlebih pada tubuh. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan mengenai diet yang benar. Ketika seseorang membaca tips sehat menurunkan berat badan, sebagian besar cenderung menginginkan cara diet yang efektif dan efisien; mudah, murah, dan cepat menunjukkan hasil penurunan berat badan yang signifikan. Berikut akan dipaparkan beberapa poin penting sebagi tips untuk menjalani diet sehat anda.

Yang Perlu dilakukan untuk Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

  1. Olahraga

Kunci utama untuk membakar lemak yakni melakukan lebih banyak aktivitas atau berolahraga. Hal ini terkait energi yang dikeluarkan untuk bergerak; semakin banyak anda melakukan aktivitas fisik, maka energi yang ada pada tubuh anda akan semakin habis. Seiring dengan energi yang hilang, lemak pada tubuh pun berangsur lenyap. Maka dari itu, susunlah rencana olahraga teratur demi menyokong program diet anda. Biasakan untuk meyempatkan waktu sekedar untuk jogging, bersepada ataupun berenang. Selain itu, tanamkan bahwa olahraga juga akan menyehatkan anda secara fisik; meningkatkan kebugaran dan hal-hal positif lainnya sehingga akan semakin termotivasi untuk berolahraga.

  1. Atur Pola Makan

Sebagian kaum wanita mengira bahwa diet berarti mengurungkan keinginan untuk makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Hal ini merupakan pola fikir yang salah, mengingat kegemukan merupakan refleksi dari pola makan yang salah. Aturlah pola makan anda dengan cermat. Diet bukan berarti tidak makan ataupun mengurangi asupan makanan hingga drastis. Jangan tinggalkan sarapan anda, sarapan merupakan sumber energi terbaik untuk memulai hari dan aktivitas. Sementara itu, berusahalah untuk mengurangi porsi dari makan siang dan hilangkan kebiasaan ngemil di sore hari. Untuk makan malam, usahakan tidak makan yang berlebihan. Cukup minum dan makan serat seperti buah secukupnya karena tubuh hanya akan beristirahat di malam hari.

  1. Ganti Menu Makanan

Energi dari makanan didapat dari kandungan kalori masing-masing bahan pangan tersebut. Kesalah sorang yang sedang menjalankan diet adalah mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Perhatikan menu makanan anda, pilihlah makanan yang rendah lemak dan karbohidrat. Usahakan untuk mengkonsumsi bahan—bahan pangan yang mengandung cukup kalori namun tetap menjaga berat badan anda. Contohnya dengan mengkonsumsi sayur yang kaya serat ataupun buah yang kaya vitamin. Jangan lupa untuk menambahkan protein untuk kebutuhan nutrisi anda, misalnya protein telur. Selain itu, air putih juga penting agar kebutuhan bagi tubuh anda terpenuhi.

Hal-hal yang Menggagalkan Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

  1. Kurang Tidur

Lamanya waktu tidur yang tidak mencapai waktu normal memberikan dampak pada produksi hormon, gula darah dan produksi insulin yang naik. Hal tersebut memicu munculnya rasa ingin makan atau cepat lapar serta resistensi terhadap insulin yang menyebabkan  tubuh akan menimbun lebih banyak lemak.

  1. Mindset yang Salah

Beberapa orang yang menjalankan diet sering salah dalam mengatur jam makannya. Beberapa berfikir bahwa telat makan akan berpengaruh terhadap menurunnya berat badan. Kenyataannya, telat makan hanya akan mempengaruhi proporsi makan yang cenderung lebih banyak dan bahkan beresiko menimbulkan sakit maag. Oleh karena itu, ciptakan mindset yang sehat untuk melakukan diet efektif.