Tips Sehat Menambah Berat Badan

Posted on

DepokNews — Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang ideal, seperti halnya orang kurus yang banyak mencari informasi tentang tips sehat menambah berat badan. Memiliki berat badan yang kurang alis kurus memang tidak bagus. Namun, banyak juga yang ingin memiliki badan yang kurus. Akan tetapi bagi mereka yang memiliki badan kurus berusaha untuk menambah berat badan mereka. Sehingga akan terlihat lebih ideal. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menambah berat badan anda. Tentunya dengan mengatur pola hidup sehat. Memiliki badan berisi atau gendut tidak menjamin kesehatan yang baik. Untuk itu bagi anda yang ingin memiliki badan berisi harus melihat cara pola hidup yang sehat.

Berat badan yang kurang atau dalam istilah ilmiah dikenal dengan underweight akan sama kurang sehatnya dengan kelebihan berat badan overweight. Untuk itu bagi anda yang memiliki berat badan kurang, anda dapat menambahnya namun tetap dengan berpacu pada tips sehat menambah berat badan. Sehingga, anda dapat memiliki tubuh yang ideal dan sehat. Sebab, Kesehatan tubuh secara umum dapat dipelihara dengan menjaga agar berat badan tetap berada dalam batas yang sehat dan normal. Pada intinya, kunci untuk menambah berat badan adalah harus didapatkan dengan pola hidup yang sehat.

Dengan semakin majunya jaman, banyak kita temui jenis-jenis makanan baru, seperti junkfood adalah salah satu makanan yang populer. Banyak orang yang berpikir bahwa dengan mengkonsumsi junkfood adalah makanan yang memiliki lemak banyak dapat membantu menambah berat badan. Hal tersebut merupakan wacana yang salah. Sebab, menambah berat badan tidak dilakukan dengan hanya ‘memakan segalanya’, karena bisa jadi malah menimbulkan gangguan kesehatan. Berikut ini adalah tips sehat untuk menambah berat badan.

Tips Sehat Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan anda harus memiliki rencana program dalam menambah berat badan yang tepat. Kemudian lakukan lah dengan konsisten. Berikut tips sehat menambah berat badan:

  1. Tetap menjaga pola makan sarapan

Sebagian orang mungkin akan melewatkan sarapan atau makan pagi. Padahl, makan pagi dapat menambah energi tubuh sehingga anda siap untuk menjalankan aktifitas serta meningkatkan fokus. Untuk menambah berat badan, konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein dan nutrisi, seperti roti, jus segar atau susu, telur, buah-buahan serta sayuran.

  1. Konsumsi makanan ringan atau snack

Mengatur pola makan 3 kali sehari memang wajib. Namun, anda juga harus mengatur makan, makanan ringan 2 kali sehari. Namun, konsumsilah makanan ringan yang dapat meningkatkan berat bada secara sehat. Sebab, mengkonsumsi snack akan menambah kalori ekstra untuk tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan ringan seperti keju, cereal yang diperkaya nutrisi, yogurt, biskuit gandum, atau roti.

  1. Ekstra lemak

Lemak diperkaya memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak sehat, gantikan dengan jenis lemak tak jenuh, seperti yang bisa didapat dari makanan seperti minyak olive, minyak kelapa, alpukat, dan kacang-kacangan.

  1. Konsumsi minuman berkalori

Anda juga bisa menambahkan cairan penambah berat badan, degan mengkonsumsi minuman yang berkalori seperti, susu segar murni, jus buah 100%, minuman yang mengandung madu, termasuk juga minuman suplemen atau multivitamin untuk tubuh.

  1. Olahraga

Menambah berat badan bukan hanya dilakukan dengan menambah porsi makan saja, namun juga dapat diimbangi dengan berolahraga. Ikutilah program fitnes untuk meningkatkan berat badan bisa jadi adalah cara terbaik. Program tersebut akan meberikan stimulasi pada jaringan otot sehingga dapat berkembang atau tumbuh.