Oleh : Amelia Putri

Pastinya semua orang menginginkan hidup sehat, cerdas dan segar. Tetapi kita harus melakukan hal-hal yang dapat membuat hidup sehat, cerdas dan segar. Ada sebagian orang yang ingin hidup sehat tapi tidak mau melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan melainkan melakukan hal-hal yang dilarang. Bagaimana kita akan hidup sehat kalau diri kitanya saja susah untuk melakukan yang seharusnya kita lakukan untuk tubuh kita sehat. Untuk mmiliki tubuh sehat, cerdas dan segar itu kembali kepada diri kita sendiri,kita mau melakuknnya atau tidak. Ada tips-tips sehat, cerdas dan segar diambil dari buku “jangan mau dikalahkan masalah”.

Jika seharian sudah melakukan aktivitas yang cukup padat seperti belajar, bermain dan aktivitas lainnya, maka tidurlah pada pukul 21.00. sebelum tidur,siapkan segelas air putih untuk diminum setelah kita bangun. Kemudian bangunlah sekitar pukul 03.00. Sebenarnya penyebab kita sering sakit adalah tidur terlalu larut. Padahal, tubuh memerlukan istirahat untuk memproduksi zat kekebalan tubuh. Untuk itu kita tidak boleh bergadang walaupun kita punya tugas belum selesai tidurlah, dilanjut besok pagi-pagi. Karena itu semua untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi jika bergadangnya itu untuk bermain game itu sungguh tidak bermanfaat dan membuat tubuh kita juga tidak sehat. Dan jika kita tetap terjaga, otomatis tubuh kita tidak memproduksi zat tersebut. Ingat tubuh kita juga mempunyai hak untuk beristirahat.

Begitu bangun pukul 03.00, minumlah air putih yang sudah kita sediakan. Sebenarnya bangun tidur langsung minum segelas air memang tidak mengenakkan. Tetapi, hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Sewaktu tidur tubuh kita bekerja secara maksimal diantaranya menyaring racun, membersihkan darah, menyerap zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi, dan lain sebagainya. Ketika kita bangun di pagi hari adalah waktu dimana tubuh kita mengandung banyak kotoran sisa metabolisme yang harus dibuang. Cara membuangnya tidak hanya melalui urine atau feses, tetapi bisa juga melalui keringat dan pori-pori kulit.

Pada saat kita bangun pagi kotoran-kotoran hasil metabolisme itu tidak semuanya langsung bisa keluar tetapi butuh proses. Oleh karena itu kita butuh air putih yang bisa menstimulasi kerja saluran pembuangan dengan segera. Disinilah air putih berperan sangat baik bagi tubuh kita. Ternyata manfaat dari minum air setelah bangun tidur ini banyak walaupun tidak mengenakan. Misalnya untuk menyembuhkan migrain, kurang enak badan dan pilek.

Jika sudah menghabiskan air tersebut kemudian mandilah. Mandi ini berbeda dengan mandi diwaktu lain. Mandi ini dilakukan sebelum shubuh. Namun ada aturannya tidak semabarangan yaitu jangan membasahi bagian kepala terlebih dahulu. Awali mandi dengan membasahi bagian kaki terlebih dahulu, lalu bagian tubuh atasnya hingga bahu. Hanya sampai bahu jangan basuhi kepala. Lalu bersihkan badan dengan sabun seperti biasa. Namun, lagi-lagi jangan sekali-kali membasahi dan membersihkan bagian kepala. Jika sudah selesai membersihkan bagian kaki dan bahu dengan sabun bagian kepala boleh dibasuhi. Pada saat membasuhi bagian kaki hingga bahu pasti merasakan seperti ada udara yang mengalirdari bagian bawah lalu naik ke kepala. Lakukan mandi ini secara rutin agar hasilnya pun memuaskan dan hari-hari kita menjadi lebih bersemangat.

Langkahnya sangat mudah kita hanya mempraktikannya jika ingin sehat, cerdas dan segar. Jangan lupa mengimbanginya dengan makanan bergizi, belajar dengan giat, dan rutin berolahraga. Lakukan langkah ini dengan kesabaran dan konsisten. Dengan tips ini diharapkan tidak lagi merasa lelah, sakit dan kita tentu akan bisa berfikir cemerlang.