Tips Merawat Motor Agar Nyaman Dikendarai 

Posted on 203 views

DepokNews — Motor merupakan kendaraan dengan jumlah paling banyak dibanding dengan jenis kendaraan lain. Selain harganya yang murah, motor lebih mudah dikendarai dibanding kendaraan lainnya.

Namun, seringkali seseorang lalai dalam melakukan perawatan pada motor sehingga mesin lebih cepat rusak dan perlu mengeluarkan banyak biaya.

“Sebenarnya merawat motor itu tidak susah, cukup memanasi motor dahulu sekitar 5 menit sebelum digunakan supaya oli pada mesin sudah terlumasi bagian-bagian pada dalam mesin.” Ujar Martin, mekanik resmi Yamaha.

Selain itu, perawatan motor dalam mengganti oli mesin motor maupun service bulanan tidak boleh telat, karena akan mempengaruhi umur mesin kendaraan yang lebih cepat rusak.

Martin menambahkan, untuk jangka service bulanan sebaiknya mana yang lebih dahulu antara 1000KM atau sebulan dalam penggunaan motor. Contoh : dalam sebulan jarak tempuh kendaraan motor belum mencapai 1000KM, namun oli mesin harus tetap diganti karena sudah waktunya.

Demi kenyamanan berkendara, tidak hanya bagian mesin yang harus dirawat, bagian seperti ban, lampu depan maupun sen harus diperhatikan supaya terhindar dari kecelakaan. (Fadli Adira)