Depoknews.com- Bencana kebakaran bisa terjadi kapan saja, termaksud ketika bulan Ramadan. Gandara Budiana selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, juga terus mengingatkan warga mengenai bencana kebakaran. Salah satu upayanya adalah dengan membagikan tips yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi musibah kebakaran.

“Kami ingin mengimbau pada warga Depok dalam bulan puasa ini, agar waspada terhadap bahaya kebakaran. Jangan sampai lalai,” ujar Gandara, di kantornya, Jumat (257/05/2018).

Dirinya mengingatkan, agar warga tidak lupa untuk mematikan kompor ketika selesai memasak untuk sahur atau pun berbuka. Begitu pun ketika akan meninggalkan rumah, harus membiasakan diri untuk mematikan listrik atau lampu yang tidak terpakai.

Gandara juga mengimbau, agar anak-anak tidak memainkan petasan, korek api serta barang berbahaya lainnya. Apalagi jika berdekatan dengan barang yang mudah terbakar. Hal ini tentu dapat memicu kebakaran.

Namun, jika kebakaran sudah terjadi, Gandara meminta warga untuk tidak panik. Warga dapat memadamkan api dengan menggunakan peralatan yang ada di rumahnya masing-masing sambil menunggu petugas datang.

“Seperti ketika kompor terbakar, segera matikan dengan kain basah. Bisa menggunakan karung besar atau pun selimut yang telah,” ujarnya.

Sumber : depok.go.id