Tingkatkan Perekonomian Kota Melalui UMKM

Posted on

DepokNews — Dalam rangka percepatan pelaksanaan program ekonomi dan pembangunan Kota Depok, Pemerintah Kota Depok melalui Bagian Ekomoni Setda Kota Depok menyelenggarakan Forum Ekonomi di Ruang Edelweis, lantai 5, Gedung Balaikota Depok, Selasa (09/03/2017). Acara tersebut sekaligus sebagai salah satu upaya pemerintah Kota Depok mengajak seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama membangun ekonomi Kota Depok, agar kedepan ekonomi Kota Depok dapat tumbuh secara positif dengan tidak meninggalkan nilai–nilai religius dan potensi lokal yang ada, sehingga pada akhirnya diharapkan kesejahteraan masyarakat Kota Depok dapat meningkat.

“Besar harapan saya, dengan adanya penyelenggaraan forum ekonomi ini dapat lebih mendekatkan pemerintah dengan dunia usaha, baik usaha skala besar maupun usaha kecil khususnya usaha mikro,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris yang hadir sekaligus membuka acara secara resmi.

Dirinya menyampaikan, dengan visi RPJPD Kota Depok Tahun 2006–2025 yakni “Depok Kota Niaga dan Jasa yang Religius dan Berwawasan Lingkungan”, serta salah satu misi RPJMD Kota Depok Tahun 2016-2021 yakni “Mengembangkan Ekonomi yang Mandiri, Kokoh dan Berkeadilan Berbasis Industri Kreatif”, Pemerintah Kota Depok berupaya mengembangkan ekonomi Kota Depok dengan memberdayakan ekonomi atau industri kreatif berbasis potensi lokal.

Lebih lanjut Walikota Depok mengatakan bahwa dalam menentukan arah pembangunan ekonomi di Kota Depok, ada beberapa indikator ekonomi yang menjadi perhatian, yaitu pertumbuhan ekonomi, gini ratio, angka pengangguran dan angka kemiskinan. “Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan yang menjadi indikator ekonomi, diantaranya mengembangkan dan memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah khususnya melalui pengembangan ekonomi kreatif karena ekonomi kreatif harus menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi,” kata orang nomor satu di Depok.

Dalam mengembangkan dan memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah terdapat dua komponen utama. Pertama, komponen yang dapat menumbuhkan iklim usaha, yang meliputi delapan aspek antara lain pendanaan, sarana dan prasarana, informasi usaha, kemitraan, perijinan, kesempatan berusaha, promosi dagang, dan dukungan kelembagaan. Kedua, komponen yang dapat mengembangkan usaha, yang meliputi empat aspek antara lain produksi dan pengolahan, pemasaran, sumber daya manusia, serta desain dan teknologi.

“Dalam hal ini Pemerintah Kota Depok tidak dapat berjalan sendiri, pemerintah perlu bersama-sama dengan seluruh unsur untuk sama-sama bisa memajukan UMKM di Kota Depok khusunya ekonomi/industrikreatif,” terangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, penyelenggaraan Forum Ekonomi Kota Depok diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga seluruh unsur baik pemerintah, pengusaha, perbankan, perguruan tinggi dan pelaku usaha dapat bahu membahu bekerjasama dalam membangun ekonomi Kota Depok.