Tingkatkan Minat Baca, Diskarpus Depok Dorong Orang Tua Agar Mendongeng Buat Anak

DepokNews – Para orang tua harus belajar melakukan aktivitas mendongeng ke anak. Melalui dongeng mereka dapat meningkatkan minat dan gemar membaca. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah.

Menurut Siti dengan mendongeng akan merangsang minta baca anak. Apalagi mendongeng adalah kebiasaan orang tua sejak zaman dulu yang perlu dipertahankan.

Bahkan ke depan kata Siti Dongeng perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman yang lebih maju berbasis Teknologi Informasi (TI).

“Ketika anak tertarik dengan dongeng, maka dia akan berusaha mencari sumber bahan bacaan. Atau mereka bisa termotivasi untuk membuat dongeng atau cerita sendiri,” tuturnya. Senin (22/03/21).

Siti menjelaskan, tentu hal itu berpengaruh positif terhadap perkembangan perilaku anak. Dengan demikian, dongeng bisa menjadi sarana pendidikan karakter anak.

“Untuk itu, kita perlu mendukung kegiatan satu rumah satu pendongeng yang digagas oleh Pustakawan Diskarpus dan berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI),” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya pendongeng di setiap rumah bisa saling membimbing dan mengedukasi. Agar anak memiliki karakter yang kuat dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga pendongeng bisa berkontribusi untuk pendidikan karakter. Serta berperan dalam pendidikan keluarga. Yang berimbas kepada peningkatan minat dan gemar membaca, dan akan terbentuk budaya membaca di keluarga,” pungkasnya.