PSM di Kota Depok sedang mengikuti pelatihan motivasi sosial. (Foto: Istimewa)

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Sosial (Dinsos) memiliki Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang bertugas membantu dalam penanganan permasalahan sosial. Dalam proses bekerja, para PSM diberikan pelatihan agar memiliki kemampuan komunikasi saat berhadapan dengan Pemerlu  Pelayanan  Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Depok, Eneng Sugiarti mengatakan, PSM merupakan pekerja sosial yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Karena itu, Dinsos memberikan pelatihan agar mereka memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dengan PPKS.

“Dinsos belum lama ini mengundang narasumber kompeten dari Universitas Pakuan (Unpak). Yakni Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd yang menyampaikan materi motivasi sosial, dan Dr. Rais Hidayat,M.Pd yang melatihkan PSM tentang pelayanan prima,” katanya, Rabu (14/04/21).

Dikatakannya, PSM merupakan mitra strategis Dinsos, sebab permasalahan sosial seperti anak jalanan, korban narkoba, usia lanjut dan lainnya dapat cepat teratasi oleh mereka. Maka itu, Dinsos mendukung PSM dengan memberikan motivasi sosial, pengetahuan, keterampilan dan sikap berupa kompetensi melayani yang prima.

Di tempat yang sama, narasumber dari Unpak Rais Hidayat, menambahkan, PSM harus terus memupuk dan menumbuhkan motivasi untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial. Yaitu mengedepankan jiwa berbagi dan menolong sesama dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Lebih lanjut, ucapnya, dalam pembinaan, ia membagi PSM menjadi 11 kelompok, kemudian mereka melakukan presentasi. Selain juga menyatakan tekadnya untuk melakukan pelayanan prima pada kelompok masyarakat yang akan dilayani.

“Terpanggil menjadi PSM itu sangat baik. Namun akan lebih baik jika para PSM memberikan pelayanan prima, sehingga masalah terselesaikan,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)