Foto: Ilustrasi

Tingkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Lakukan Hal Menyenangkan, Seperti Ini

Posted on 93 views
DepokNews — Kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan tidur cukup, pola makan bergizi seimbang, dan olahraga teratur. Tapi, jangan berhenti sampai di situ. Ada beberapa cara tak terduga yang ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun.
Pasalnya Kekebalan tubuh yang baik merupakan kunci untuk hidup sehat. Bukan saja kita akan terlindungi dari sakit flu yang menyebalkan, bahkan penyakit kanker pun bisa dihindari jika sistem imun tubuh kita kuat.Para ilmuwan di Jepang kini mulai meresepkan “terapi hutan” untuk membantu banyak orang merasa rileks dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini didasari oleh penelitian terhadap seorang pria yang menghabiskan 6 hari hiking di hutan ternyata memiliki “sel pembunuh alami” dalam level tinggi. Sel pembunuh alami itu berarti ia akan lebih kuat melawan penyakit, termasuk kanker.

Efek menyehatkan dari berjalan-jalan di hutan itu ternyata bertahan sampai 30 menit. Sebenarnya tak melulu harus di hutan, berjalan kaki di taman yang penuh pepohonan juga sama efektifnya. Pada dasarnya, kembali ke alam merupakan pereda stres yang efektif dan bisa memperluat sel-sel imun.

Walau sulit untuk mengetahui berapa lama efeknya, tapi penelitian wellness di Amerika Serikat menemukan sekelompok pemain drum memiliki sistem imun lebih tinggi.

Mengonsumsi kefir, minuman hasil fermentasi biji-bijian utuh, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda lebih menyukai yogurt, sebenarnya tak masalah. Minuman probiotik diketahui menyehatkan saluran cerna dan memperbaiki kekebalan tubuh.

Menurut Kiana, pakar kesehatan, daya tahan tubuh (imun) mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme.
“Namun ada kalanya sistem tersebut gagal dan membuat kita sakit. Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh banyak faktor agar dapat berfungsi dengan baik,” ujarnya.
Bisakah kita meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat? 
Faktor gaya hidup seperti pola makan, olahraga, istirahat, stres, hingga suplemen yang masuk ke tubuh sangat mempengaruhi tingkat daya tahan tubuh. Kunci utama memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan mengadopsi gaya hidup yang sehat. Setiap bagian tubuh, termasuk sistem imun, akan bekerja dengan lebih baik jika terlindung dari pengaruh buruk lingkungan dan diperkuat dengan aturan pola hidup yang sehat.
Adapun cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Tidur yang cukup
Dengan tidur yang cukup, tubuh pun akan mendapatkan kekuatannya kembali. Kurang tidur berkepanjangan akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental, serta menurunkan kualitas hidup secara umum. Ketika tidur malam, tubuh memiliki waktu untuk regenerasi sel dan penyegaran untuk aktifitas keesokan harinya.
Berhenti merokok
Rokok dapat mengganggu dasar sistem daya tahan tubuh, serta meningkatkan resiko banyak penyakit lainnya.
 
Kelola stres
Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol, dan jika berkepanjangan dan tidak dikelola dengan baik dapat menekan sistem kekebalan tubuh secara perlahan.
Buah dan sayuran
Buah dan sayuran akan memberikan nutrisi yang penting untuk mendukung kekebalan tubuh. Pertimbangkan untuk memasukkan buah dan sayuran dalam setiap waktu makan.
 
Sinar matahari yang cukup
Paparan sinar matahari akan memicu produksi vitamin D, yang tentu sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko terkena infeksi pernapasan. Sebuah penelitian di tahun 2010 pada anak-anak menunjukkan bahwa asupan vitamin D 1.200 IU per hari akan mengurangi risiko influenza A secara signifikan.
Olahraga
Gerak tubuh dan olahraga yang rutin setiap harinya akan meningkatkan metabolisme tubuh secara umum, membantu menjaga kebugaran tubuh, serta memperkuat sistem pertahanan tubuh dari serangan penyakit.