DepokNews- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar workshop online Peningkatan Kapasitas Tim Satuan Tugas (Satgas) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kota Depok.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok Lienda Ratnanurdianny, Kepala Satpol PP Kabupaten Klungkung I Putu Suarta, dan Satpol PP Kota Yogyakarta yang diwakili Kepala Seksi Pembinaan Potensi Masyarakat Satpol PP Kota Yogyakarta, Suwarna.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, workshop online ini digelar untuk mendapatkan gambaran penerapan dan proses penegakan KTR dari daerah lain. Selain itu juga dapat memperoleh motivasi dalam pengawasan dan penegakkan KTR di Kota Depok.  

“Workshop kami lakukan agar Tim Satgas KTR dapat melakukan inovasi dalam pengawasan dan penegakan KTR, sehingga dapat menjalankan tupoksinya dengan optimal,” tuturnya saat memberikan arahan pada kegiatan workshop online, Kamis (11/02/21). 

Lanjut Novarita, regulasi terkait penerapan KTR telah dikeluarkan oleh berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Kabupaten Klungkung dan Kota Yogyakarta. Adapun keberhasilan dari Kabupaten Klungkung dalam menerapkan KTR melalui aturan Adat sangat mendukung peningkatan kepatuhan KTR di masyarakat.

Sedangkan untuk Kota Yogyakarta, sambungnya, mampu menetapkan destinasi wisata dunia Malioboro menjadi Kawasan Tanpa Rokok sangat patut dijadikan contoh oleh daerah lainnya.

“Serta konsistensi Kota Depok dalam melakukan pengawasan dan penegakan KTR melalui sidak di berbagai kawasan dan tempat penjualan rokok. Hal itu menjadikan Depok kota yang sehat dan ramah anak,” tambahnya.

Novarita menambahkan, adanya regulasi tersebut tentunya membuat masing-masing daerah memiliki kemajuan prestasi tersendiri dalam bidang pengendalian tembakau di Indonesia. 

“Semoga dengan sharing melalui workshop ini dapat menjadi pelajaran dalam meningkatkan kepatuhan KTR di Kota Depok,” tandasnya.