DepokNews — Sabtu (21/04), KH. Encep, M.A. membuka Pelatihan Dasar Kerelawanan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Kota Depok di Setu Pengasinan, Sawangan. Dalam sambutannya, “BTB merupakan relawan BAZNAS yang siap melayani masyarakat Kota Depok dalam antisipasi bencana serta sosialisasi zakat ke tengah masyarakat.”

Dikatakannya, “Kita tidak berharap bencana untuk datang namun kita perlu bersiap jika bencana itu datang. Salah satu pencegah terjadinya bencana adalah diamalkannya rukun Islam, yakni zakat.”

Peserta dalam pelatihan tersebut tenaga sukarelawan utusan dari kelurahan dan masyarakat umum yang mendaftar menjadi relawan BTB Kota Depok. Ketua panitia sekaligus Komandan BTB Kota Depok, Christanto, S.H., mengonfirmasi,”Kami memberikan undangan pelatihan ke 63 kelurahan Se-Kota Depok. Namun belum semua bisa mengutus perwakilannya ikut dalam pelatihan ini. Total yang ikut dalam pelatihan ini sebanyak 60 orang.”

Ditambahkannya, “Dengan adanya relawan BTB di setiap kecamatan dan kelurahan, makin memudahkan BAZNAS untuk mendapatkan laporan masyarakat yang memerlukan bantuan dan mengonfirmasi laporan tersebut.”

Selama 2 hari 1 malam, peserta pelatihan mendapatkan materi pengenalan BAZNAS dan program-programnya, dasar-dasar kerelawanan dan sepak terjang BTB oleh Direktur BTB Pusat dan Jawa Barat, serta permainan dan yel membangun semangat dan kekompakan peserta.

“Melalui pelatihan ini diharapkan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana menjadi siap, siaga, tanggap dan waspada.” Pungkas Setiawan Eko, Waka 3 BAZNAS Kota Depok dalam upacara penutupan.

BTB Kota Depok sebelumnya telah dikukuhkan oleh Bapak Wali Kota Mohammad Idris yang turut dihadiri oleh Dandim 0508/Kota Depok Letkol Inf. Iskandarmanto, 27 Desember 2017 di Duren Mekar.