Foto: Meida -- Simulasi Kebakaran di lapangan Balaikota Depok 

Tim Reaksi Cepat Simulasikan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Posted on 130 views

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris, Dandim 0508/Depok Letnal Kolonel Inf, R. Moch Iskandarmanto beserta Forkopimda bersama-sama menyaksikan simulasi penanggulangan bencana kebakaran yang diperagakan oleh Tim Reaksi Cepat atau TRC. Simulasi tersebut diperagakan usai gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Lapangan Balaikota Depok, Senin (6/11/2017).

Dalam simulasi tersebut diceritakan bahwa dalam menjaga keamanan dan kenyaman di wilayah Kota Depok, unsur tiga pilar secara rutin mengadakan patroli. Hingga pada suatu hari ketika unsur tiga pilar  yang terdiri dari Lurah, Babinkamtibmas dan Babinsa tengah berpatroli, tiba-tiba Banbinsa mendapat telepon dari Pak RT yang melaporkan bahwa telah terjadi kebakaran di rumah salah seorang warga.

Mendengar laporan warga, Lurah langsung melaporkan kejadian tersebut pada dinas terkait, sementara Babinsa juga melapor kepada petugas piket Koramil untuk diteruskan  kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, sementara mereka langsung menuju ke lokasi kejadian. Selanjutnya dengan personel yang sigap disertai peralatan lengkap, petugas pemadam kebakaran bergegas menuju TKP.

Tim Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok dengan sigap dan gigih melaksanakan tugasnya, berupaya memadamkan api dan menyelamatkan korban, dengan motonya “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”. Tim Tagana yang juga telah tiba dilokasi juga tak kalah sigap memasang tenda untuk mengevakuasi para korban. Tak kalah sigapnya, petugas dari Dinas kesehatan dan PMI Kota Depok bergegas menuju tempat kejadian, untuk membantu proses evakuasi korban.

Korban yang terluka parah segera dibawa dengan mobil ambulance ke Rumah Sakit terdekat sementara yang luka ringan dibawa ke dalam tenda untuk diberi pengobatan. Diceritakan dalam simulasi tersebut, salah satu korban ialah petugas pemadam kebakaran yang berupaya keras menyelamatkan orang lain sampai dirinya juga menjadi korban. Hal ini menunjukkan pengorbanan yang luar biasa dari petugas Pemadan Kebakaran dalam menjalankan tugasnya.

Beberapa waktu kemudian, tim Pemadam Kebakaran telah berhasil menjinakkan api sehingga api tidak menjalar ke rumah dan bangunan disekitarnya. “Inilah wujud kolaborasi dan kerjasama yang baik antara unsur tiga pilar, masyarakat dan Tim Reaksi Cepat atau TRC Kota Depok yang baru saja diperagakan. Dengan kesiapsiagaan baik personel, peralatan dan perlengkapan, dampak dari bencana kebakaran dapat diminimalkan, namun tetap kita juga tidak mengesampingkan tindakan antisipatif,” ujar Idris usai menyaksikan simulasi.