Tim Pengmas FKM UI Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan Rumah Untuk Berkebun di Kelurahan Cisalak

DepokNews–Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengadakan sosialisasi optimalisasi pekarangan rumah untuk berkebun kepada Ibu-Ibu rumah tangga di Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok.

Dr. Ir. Asih Setiarini, MSc selaku Pengabdi Utama mengatakan
target dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para ibu sebagai pengambil keputusan pemenuhan pangan keluarga dan terwujudnya kebun gizi yang berdaya guna hasil dari pemanfaatan panen Kebun Gizi oleh kelompok ibu.

“Data dari Riskesdas Tahun 2018 menyebutkan 93.6% penduduk Indonesia kurang makan sayur dan buah. Padahal, sayur dan buah mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan memelihara daya tahan tubuh. Pemanfaatan pekarangan untuk berkebun secara berkesinambungan dan intensif dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga yang beragam dan bergizi seimbang,” ujarnya saat sosialisasi kegiatan pengmas Kebun Gizi di Kantor Kelurahan Cisalak, Kota Depok.

Dalam kegiatan ini, Tim Pengmas FKM UI membekali kelompok Ibu dengan dua buah modul, yaitu Modul Membangun Kebun Gizi dan Modul Pemenuhan Gizi Keluarga, Video Praktik Berkebun dan Membuat Media Tanam, serta material untuk berkebun. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan pegiat berkebun yang tergabung dalam Komunitas Saung Depok, di bawah koordinator Ir. Adi Wirawan.

“Kegiatan membangun Kebun Gizi didampingi oleh ahli di bidangnya dengan harapan kelompok ibu juga dapat berkonsultasi langsung selama proses pendampingan, baik itu terkait praktik berkebun maupun mengenai konsumsi makanan beragam dan bergizi seimbang,” kata Asih Setiarini.