DepokNews- Tim Peneliti Gundarma mengembangkan sebuah aplikasi yang disebut Sistem Penunjang Keputusan untuk Pembangunan Kesehatan Daerah (SPKPKD). Aplikasi ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) mengukur tingkat kesehatan daerahnya berdasarkan data.

“Aplikasi ini tujuannya untuk membantu pemerintah daerah mengukur tingkat kesehatan daerahnya. Termasuk di Depok. Jadi Depok dengan adanya aplikasi ini dapat melihat misalnya tingkat kematian ibu bersalin, bagaimana trennya selama lima tahun terakhir. Kemudian dikaitkan dengan kesehatan lingkungan,” ujar Tim Peneliti Gunadarma, Prihandoko, pada Rabu (25/11/20).

Selanjutnya, ia menambahkan, aplikasi ini juga digunakan untuk melihat korelasi antara jumlah tenaga kesehatan dengan angka kematian, apakah Jumlah tenaga kesehatan itu berkorelasi positif dengan tingkat kematian, atau berkorelasi negatif. Kemudian, hubungan antara variabel tersebut digunakan untuk mengambil keputusan.

“Nah hubungan-hubungan antara variabel itu yang bisa dilakukan untuk keperluan pengambilan keputusan. Apakah keputusan itu menambah fasilitas, menambah tenaga kesehatan, membuat program baru, atau melakukan upaya-upaya penurunan tingkat kematian,”tuturnya.

Dirinya menjelaskan sistem ini dapat mengambil data yang diserahkan oleh dinas kesehatan kepada kementerian kesehatan secara otomatis, tanpa ada kerja tambahan oleh dinas kesehatan.

Prihandoko berharap sistem ini dapat membantu para pengambil keputusan seperti kepala dinas ataupun Walikota untuk mengambil kebijakan yang lebih tepat berdasarkan data. Saat ini pihaknya sedang dalam proses menyempurnakan aplikasi ini.

“Ini hasil dari penelitian kami di Gunadarma, mungkin kami akan serahkan kepada dinas-dinas untuk menggunakannya, tidak ada konsekuensi apa-apa kalo mereka mau memanfaatkan, Alhamdulillah, itu pemanfaatan yang mudah-mudahan berguna untuk mereka. Saat ini kami dalam proses menyempurnakan sistem ini,” tutupnya.