Tim Jastera Universitas Gunadarma Suguhkan Sofa Berbahan Dasar Plastik Bekas

Posted on 5 views

DepokNews- Tim Jastera dari Universitas Gunadarma, menampilkan produk Softip atau sofa plastik. Produk berbahan dasar limbah plastik ini dilombakan dalam Rancangan Produk Industri Kreatif dari Limbah, yang diadakan Universitas Gunadarma.

Tim Jastera menerangkan, tujuan dari produk ini adalah mengurangi sampah plastik di masyarakat, dan menjadikan sampah menjadi kreatifitas. Sofa terbuat dsri bahan tidak terpakai, khususnya limbah plastik.

Bahan utama adalah 11 botol plastik, tempat es krim bekas, lakban, lem tembak, kain perca, kain panel dan kardus. Pembuatan cukup mudah, botol diletakkan dengan posisi terbalik berfungsi untuk penyangga di sekeliling tempat es krim, kemudian di lem dan kain diletakkan diatas lalu dijahit, agar mempercantik tampilan.

“Agar nyaman juga dialasi kardus dibagian bawah, botol juga kuat karena sebagai penyangga. Tempat es krim juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang,” terangnya.

Kardus sendiri cukul tebal, sekitar 8 cm kemudian tinggi botol sejajar 33 cm. Softip ini dibuat khusus anak usia 5-10 tahun dengan berat badan kurang dari 60 kilogram.

“Kelebihan dari softip adalah ringan karena terbuat dari plastik. Tampilannya juga lucu agar disukai anak-anak. Jika dijual bisa dibandrol sekitar Rp50-100ribu,” tandasnya.(mia)