Tim Bola Basket SMP 5 Terus Berprestasi

DepokNews–Orang tua siswa mendukung kegiatan ekstrakurikuler cabang olaharga bola bakset yang dilakukan oleh siswa SMPN 5 Depok yang berlokasi di Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji.

Salah satu orang tua siswa, Rahmat Fitrah kepada wartawan pada Jumat(1/9)  menekuni kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang penting di samping aktivitas akademis.

Pasalnya kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan berbagai manfaat bagi anak. Beberapa ahli sepakat kalau ekstra kurikuler penting untuk mendukung kemajuan anak di bidang akademis.

“Kami memberikan dukungan kepada kegiatan ekskul bola basket karena telah melakukan prestasi dicapai”katanya.

Prestasi yang sudah dicapai belakangan ini seperti Juara 2 LPI tahun 2018, 
Juara 3 nexpluso cup 2018, dan 
Juara 2 SMP 98 cup tahun 2018 diharapkan terus meraih prestasi yang gemilang.

Dia menambahkan, jadi meskipun orang tua ingin fokus pada kemajuan pendidikan anak, sebaiknya anak memiliki kegiatan sampingan yang positif untuk menyeimbangkan kehidupannya.

Sebab belajar terus-menerus tanpa diselingi kegiatan lain yang sifatnya merilekskan pikiran juga akan memberikan beban secara psikologis kepada anak.

Jadi jika anak-anak ingin berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah atau di klub olah raga, jangan ragu untuk memberikan dukungan.

Kegiatan ekskul bisa menjadikan anak aktif,,mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif.

Karena mereka menghabiskan waktu dan energi untuk kegiatan yang positif, bisa sedikit bernapas lega.

Sebab kemungkinan mereka untuk bersentuhan dengan hal-hal negatif di luar sekolah juga jadi berkurang.

Aktivitas yang tinggi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan metabolisme, sirkulasi darah, serta melatih stamina dan kewaspadaan mental.

“Melibatkan anak-anak dalam kegiatan ekstra kurikuler akan membuat mereka tetap aktif dan energik dan menurunkan risiko stres serta obesitas pada anak”katanya.

Kegiatan ekskul mengajarkan kerja sama tim, umumnya anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan dalam beberapa hal harus mencoba bekerja sama dengan mereka.

Bahkan ekskul yang tampaknya kurang dalam aspek sosialisasi seperti menjadi anggota perpustakaan pun tetap butuh interaksi dan sosialisasi dengan orang lain.

Hal seperti ini akan mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini. Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi.

para siswa akan belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan cara positif, dan pada akhirnya pengalaman bersosialisasi ini akan menjadikan mereka pribadi yang lebih terbuka dan tegar.

Diharapkan para guru di lingkungan SMPN 5 Depok juga memberikan dukungannya kepada mereka.