DEPOK–Tim Peneliti dari Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang dipimpin oleh Dr. Kresno Yulianto menjalankan program berupa Pengembangan Museum Berbasis Digital di Puro Mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah.

Pelaksanaan program ini berlangsung sejak Juni – Juli 2019.Sebanyak 2 dosen ahli Arkeologi UI dan 2 mahasiswa Jurusan Arkeologi UI terlibat dalam proses digitalisasi Museum tersebut.

Dr. Kresno menuturkan, penerapan digitalisasi lebih fokus terhadap informasi koleksi kereta kencana yang ada di Museum Puro Mangkunegaran, mengingat kereta kencana merupakan bagian penting dari kebudayaan Mangkunegaran dan masyarakat Surakarta.

“Ruang Pameran Kereta kencana akan dipasangkan banner dengan QR Code sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengakses informasi melalui smartphone masing-masing.”ujarnya melalui pesan tertulis. Kamis (21/11/2019).

Penerapan digitalisasi museum ini diharapkan mampu meningkatkan minat khalayak khususnya anak muda di dalam mempelajari kebudayaan Indonesia. Tim Peneliti FIB UI ini juga akan mengelaborasi website yang disertai QR Code yang tengah digandrungi masyarakat ke dalam koleksi-koleksi yang ada di museum Mangkunegaran sehingga dapat mengikuti pendekatan dan perkembangan zaman.

Menurutnya format kegiatan digitalisasi koleksi kereta kencana Pengabdian Masyarakat merupakan bagian dari pengembangan awal.

“Sebagai destinasi turis saat berkunjung ke Surakarta, diharapkan program digitalisasi Museum Puro Mangkunegaran dapat memberikan pengalaman baru untuk pengunjung sehingga membantu menarik perhatian turis dari luar maupun dalam negeri. Ke depannya, diharapkan langkah kami dapat menjadi pemantik dan contoh bagi museum lainnya agar museum dapat semakin diminati oleh masyarakat.” tutup Dr. Kresno.