Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Depok, Supiyanto (Istimewa)

Tiga Kloter Jamaah Haji Depok Sudah Tiba Ditanah Air

Posted on 7 views
DepokNews- Sebanyak 1.209 dari 1.708 Jamaah Haji asal Depok telah tiba ke tanah air. Jamaah haji dibagi dalam tiga kelompok terbang (Kloter), ketiga kloter tersebut antara lain 11, 29 dan 36.
“Untuk kloter 11 telah tiba pada 10 September. Kemudian untuk kloter 29 tiba pada 15 September, sedangkan kloter 36 kembali ke Depok pada 17 September,” jelas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Kementrian Agama (Kemenag) Kota Depok, Supiyanto, Ahad (24/9).
Para jemaah haji yang masuk ke dalam tiga kloter tersebut dipulangkan dari Arab Saudi melalui Jeddah. Hal tersebut menyesuaikan dengan jadwal ibadah jemaah haji ketiga kloter yang tergabung pada gelombang pertama pemberangkatan. Seluruh jemaah haji yang tergabung dalam gelombang pertama pemberangkatan, saat diberangkatkan dari Jakarta mereka akan langsung menuju ke Madinah. Kemudian, dari Madinah mereka menuju ke Mekah, Arafah dan kembali ke Mekah.
“Barulah pada saat menjelang kepulangan mereka menuju ke Jeddah,” ujarnya.
Supiyanto menambahkan untuk proses pemulangan jemaah haji asal Kota Depok, pihaknya menjalin sinergitas dengan Pemkot Depok, melalui bidang sosial dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Setiap lembaga saling berkoordinasi dalam penyelenggaraan haji agar sesuai dengan fungsi dan kewenangannya.
Kemenag, lanjut Supiyanto, sifatnya hanya mendampingi jemaah haji, mulai dari persiapan menjelang keberangkatan sampai kembali ke Depok. Untuk kepulangan jemaah haji, Pemkot Depok melalui bidang sosial menyiapkan kendaraan untuk penjemputan dan mengantar sampai tiba di Balai Kota Depok.
“Sedangkan untuk Dinkes akan berperan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan para jemaah sepulangnya mereka dari ibadah haji,” pungkasnya.(mia)