Oleh: Fiiki Ridho Rabbina

Setiap orang tentu saja ingin memperoleh keberkahan. Secara harfiyah, berkah berarti an nama’ waz ziyadah, yakni ‘tumbuh dan bertambah’. Berarti berkah adalah kebaikan yang bersumber dari Allah yang ditetapkan terhadap sesuatu bagaimana mestinya sehingga apa yang diperoleh dan dimiliki akan selalu berkembang dan bertambah besar manfaat kebaikannya.

Secara umum, keberkahan yang diberikan kepada orang-orang yang beriman bisa kita bagi ke dalam tiga bentuk berikut ini:

  1. Berkah dalam keturunan

Berkah dalam keturunan yakni dengan lahirnya generasi yang saleh. Generasi yang kuat imannya, luas ilmunya dan banyak amal sholehnya, Allah berfirman,

“Dan istrinya berdiri lalu dia tersenyum. Maka Kami sampaikan kepadanya kabar gembira tentang (kelahiran) Ishaq dan setelah Ishaq (akan lahir) Ya’qub. Dia (istrinya) berkata, Sungguh ajaib, mungkinkah aku akan melahirkan anak padahal aku sudah tua, dan suamiku ini sudah sangat tua? Ini benar-benar sesuatu yang sangat ajaib.’ Mereka (para malaikat) berkata, mengapa engkau merasa heran tentang ketetapan Allah? itu adalah rahmat dan berkah Allah, dicurahkan kepada kamu, wahai Ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha terpuji, Maha Pengasih.” (Q.S Hud: 71-73).

  1. Berkah dalam Makanan

Makanan yang halal dan thayyib merupakan suatu keberkahan, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa keberkahan dari langit dan bumi sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah surat Al-A’raf ayat 96 di atas adalah rezeki yang diantara rezeki itu adalah makanan. Allah SWT, berfirman,

“Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (Q.S Al-Ma’idah:88).

  1. Berkah dalam Waktu
    Waktu yang cukup tersedia dimanfaatkannya untuk kebaikan, merupakan suatu keberkahan yang menghindarkannya dari kerugian. Allah SWT, berfirman,
    “Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (Q.S Al-Ashr: 1-3).

Itulah tiga bentuk keberkahan yang Allah berikan kepada orang-orang bertakwa. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan keberkahan dalam hidup. Aamiin.

Sumber: 100 Materi Dakwah Pilihan