ilustrasi (istimewa)

Tetap Diet Meski Bekerja? Ini Caranya

Posted on 111 views
DepokNews — Saat diet telah berhasil, musuh selanjutnya adalah ruang kerja Anda. Stres karena pekerjaaan bisa membuat seseorang mengalihkan pikiran pada makanan ringan yang mengandung gula dan lebih memilih duduk di kursi sepanjang hari. Tak heran bila tempat kerja kemudian dituduh sebagai penyebab tubuh kembali berlemak.

Namun Anda tidak sendirian. Survei tahun 2013 menunjukan bahwa dua dari lima orang mengatakan bahwa mereka bermasalah dengan berat badan karena pekerjaan.

Jadi, apa yang harus dilakukan para karyawan ?

Studi terbaru dalam Journal of Physical Activity and Health menunjukkan bahwa 15 menit aktivitas ringan bisa menjadi solusi terbaik untuk mencegah datangnya kembali lemak berlebih. Dan yang dibutuhkan hanyalah satu perubahan sederhana pada hari kerja Anda.

Peneliti Universitas Pittsburgh merekrut 74 responden sehat di usia pertengahan 20an. Mereka diminta untuk duduk, berdiri, atau berjalan selama 15 menit. Lalu, tiap responden diukur berapa kalori yang mereka bakar.

Hasilnya, mereka yang berjalan mampu membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada yang duduk atau berdiri.

Pekerja yang duduk dan berdiri membakar sekitar 20 kalori dalam 15 menit, sementara yang berjalan kaki membakar hingga 60 kalori dalam waktu yang sama.

Anehnya, para peneliti menemukan bahwa mereka yang berdiri membakar kalori dalam jumlah sama dengan mereka yang duduk.

Hasilnya menunjukkan apa yang mungkin sudah Anda ketahui bahwa duduk seharian penuh akan menambah lingkar pinggang.

Sementara itu, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa olahraga kebugaran tidak hanya dapat meningkatkan mood Anda. Namun juga dapat meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja.

Menurut Dr. Paidhon Turuan, bahwa tak semua manusia adalah budak yang setia. Ketika kamu bilang susah berolahraga, maka otakmu akan ikut bilang, ‘benar  kamu sulit berolahraga. Coba lihat, kapan waktunya bisa olahraga? Ngantor kan cape?’ Benar nggak?

“Akan tetapi kalau kamu bilang ‘bisa’, maka otakmu juga akan membantu mencari jawaban untukmu. Misalnya, kamu bilang ada waktu senggang yang banyak, artinya kamu bisa olahraga di kantor,” ujarnya.

Artinya, kamu harus belajar tentang tata cara berolahraga di kantor. Ikut seminar, beli buku, dan lainnya. Jadi, di kantor kamu dapat take action untuk olahraga.

Di samping itu, bagi perempuan sering merasa lapar setelah olahraga. Untuk mencegah hal itu, Paidhon menyarankan agar mempersiapkan makanan sehat khusus di kantor.

“Selain itu, ngemil pun diperbolehkan. Asalkan, kita harus belajar mengerti bahwa ngemil adalah hal yang alamiah,  Silakan saja ngemil atau makan makanan ringan, tetapi pilihlah yang sehat,” jelasnya.

Contoh camilan yang sehat menurutnya, ialah Singkong, timus, kacang hijau, ubi, jagung, dan sandwich roti gandum.

“Itulah salah satu cara sehat untuk membentuk tubuh ideal. Hanya saja intinya adalah kita harus tetap berolahraga meski berada di tempat kerja,” tandasnya.