Oleh : Gina Tazkiyatun Nufus

      Ibuku sayang, dihari istimewa mu , aku masih bingung harus memberi apa . Engkau yang selalu mensyukuri segala karunia-Nya. Tidak pernah merasa berkekurangan , meski disaat sulit . Dikala kita di pisahkan oleh jarak seperti ini , izinkan aku mengawali catatan pemikiranku dengan menuliskan surat untukmu .Meski aku tahu tak ada kalimat yang cukup indah untuk menggambarkan kasih sayangmu , tak ada Bahasa yang cukup luas untuk bisa melukiskan pengorbanan demi pengerbanan yang telah engkau lakukan tanpa rasa lelah .

       Engkau membisikan do’a sambil mengelus perutmu ,menungguku hadir ,tak sabar mendengar tangis pertamaku , engkau hampir meregang nyawa demi menghadirkanku ke bumi . dan ketika aku lahir , engau tidak pernah mengeluh saat membersihkan kotoranku , tidak sama sekali . seiring waktu engkau tetap saja menjadi seseorang yang tidak pernah lupa mendoakanku dalam setiap ibadahmu .

      Tatkala kecil dulu , betapa kesalnya diriku saat engkau tidak bisa memberikan barang yang ku mau , Padahal entah kapan aku melakukan apa yang kau mau , aku marah karena engkau memberi hadiah yang tak sesuai harapanku , tetapi aku tidak tahu bahwa engkau membungkus hadiah itu dengan penuh kasih sayang . engkau tidak pernah meminta banyak dariku, sepertinya aku terlalu sibuk membahagiakan diriku sendiri . lantas , kapan aku membuktikan rasa sayangku padamu ? saat engkau sudah terlalu tua ? saat engkau sudah sakit sakitan ? bagaimana jika aku terlambat ?

      Ah ,ibu . Tiap ulang tahun mu datang , aku membenci hari tersebut,sungguh. Mengetahui uban dan keriputmu semakin banyak , sementara aku mengeluh atas segala kekuranganmu tanpa menyadari segala kekuranganku sendiri . betapa jarangnya aku berterima kasih atas segala perjuanganmu untuk membesarkanku hingga aku bisa menjadi diriku hari ini .engkau adalah orang yang selalu berkata “ jangan bilang ‘tidak bisa’ “ . engkau adalah orang yang selalu membuatku semangat untuk berfikir lebih bijak dan berbuat lebih baik lagi .

     Apa artinya pergi , jika engkau menjadi tempatku pulang ? apa artinya sakit , jika engkau tak menjadi malaikat penyembuhku ? dan apa artinya aku , jika tidak mampu lagi membuatmu tersenyum ? ibu maafkan untuk segalanya . Izinkanlah aku menebus dosaku yang terlampau banyak , berusaha sekuat tenaga meski takan mampu mengganti semua kasihmu . membahagiakanmu sampai salah satu dari kita dipanggil oleh–Nya . berulangtahunlah selamanya , agar aku mampu menatapmu sepanjang usia .

Aku menyayangimu ,Ibu …