Ternyata Ini Penyebab Cuaca Panas Di Kota

DepokNews — Saat ini cuaca sangat tidak menentu. Namun, akhir-akhir ini  Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya termasuk Kota Depok selama beberapa pekan terakhir terasa sangat panas, temperatur udara berkisar di angka 29 hingga maksimum 35 derajat Celsius.

Deputi Bidang Klimatologi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Prabowo, menjelaskan Indonesia secara umum pada bulan September sudah masuk musim kemarau.

“Saat ini yang masuk musim kemarau adalah Sumatera tengah ke selatan, seperti Lampung, Pulau Jawa, Bali, NTT, dan NTB. Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan dan tenggara,” kata Mulyono.

Musim kemarau bukan satu-satunya penyebab cuaca panas di Jakarta dan di Kota Depok. Secara astronomis, Matahari pada bulan September ini akan berada tepat di atas garis khatulistiwa.

Matahari secara periodik bergerak semu dari belahan Bumi utara ke selatan, maksimal pada 22 Desember mendatang, Matahari akan berada di selatan bumi di koordinat 23,5 derajat lintang selatan.

Setelah itu, Matahari akan bergerak dari bagian selatan menuju utara Bumi, pada 22 Juni akan berada di 23,5 derajat lintang utara.

Oleh karena itu, untuk Anda yang beraktifitas di luar ruangan harap menggunakan pelindung tubuh agar tidak terkena dampak dari cuaca panas tersebut.