Foto: Meida -- Simulasi Kebakaran di lapangan Balaikota Depok 

“Terjadi Kebakaran” di Lapangan Balaikota, Begini Kesigapan Tim Penanggulangan Bencana

Posted on 148 views
DepokNews — Terjadi kebakaran di Lapangan Balaikota Depok, pada Senin (6/11/2017). Kebakaran tersenut menghanguskan satu bangunan yang ada di lapangan Balaikota. Dengan sigap, kebakaran tersebut padam selama 10 menit dan cepat ditangani oleh tim penanggulangan bencana yang dilakukan oleh pihak Damkar, anggota Kodim Depok, PMI, dan seluruh tim reskiu bencana yang ada di Kota Depok.
Namun, Anda tidak perlu khawatir, pasalnya  kejadian kebakaran itu hanyalah kegiatan simulasi yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Dandim Depok, Damkar Depok serta seluruh anggota tim kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang ada di Pemkot Depok.
Turut menyaksikan simulasi tersebut, Walikota Depok Mohammad Idris, Kapolres Kota Depok, Dandim Kota Depok, Dinas Terkait, serta peserta atau anggota tim kesiapsiagaan penanggulangan bencana Kota Depok.
Walikota Depok, Mohammad Idris mengapresiasi dengan adanya kegiatan serta simulasi penanggulangan bencana. Dirinya juga memaparkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana kali ini merupakan antisipasi kota dalam menghadapi musim penghujan mulai datang.
“Sebagaimana kita tahu, penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) khusus di Jawa Barat, ada 20 titik gerakan tanah yang perlu diwaspadai. Guna mengantisipasi hal tersebut dirinya menugaskan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR ) Kota Depok untuk mengecek keberadaan turap kali dan setu di beberapa wilayah di Kota Depok yang rawan longsor,” ujarnya kepada awak depoknews.id.
Tercatat, Kota Depok ini termasuk wilayah yang rawan dengan angin puting beliung, petir, dan genangan air.
” Maka daru itu, kami perlu adanya kewaspadaan. Tidak hanya  unsur Forkompimda dan Pemerintah saja melainkan masyarakat sekitar juga perlu hati-hati,” jelasnya.
Terkait tim kesiapsiagaan bencana, warga juga dapat melaporkan kedaruratan bencana ke 112 yang nantinya dapat terkoirdinasi dengan Forkopimda terkait.
Di tempar terpisah, Dandim 0508/Depok, Letkol Infantri Mohammad Iskandarmanto mengatakan dalam persiapan penanggulangan bencana, pihaknya menyiapkan 300 anggota.
“Para anggota  akan di tempatkan di titik yang sudah disiapkan. jika nantinya ada panggilan bencana, seluruh unsur akan diinstruksikan satu komando dan semuanya berkoordinasi,” ungkapnya dengan jelas.
Diharapkannya, melalui kegiatan apel siaga bencana ini mampu memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar tidak lagi takut ketika ada kejadian seperti kebakaran, banjir dan bencana lainnya yang ada di Kota Depok.