Oleh: Adhi Mardani (Anggota DKM Masji Al Ihsan)

DepokNews–Pernah dengar masjid jogokariyan yang berlokasi di Mantirejon Kota Jogjakarta? Masjid ini banyak menginpirasi bagaimana memakmurkan masjid sekaligus bisa berkontribusi kepada masyarakat sekitar.

Berkisah mundur kami sudah studi banding ke masjid ini bulan Oktober 2017 lalu, rombongan segenap pengurus beserta keluarga mensengajakan ke masjid ini agar melihat secara langsung bagaimana mengelola masjid dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat atau dirasakan kehadiran masjid oleh masyarakat. Sesuai dengan Informasi yang didapat di media memang benar masjid ini banyak dikunjungi, kami melakukan pengamatan selama berkunjung kesana, kami banyak belajar dengan ringkas kami pun melakukan kegiatan yang dinamai dengan kata “ATM” Amati, Tiru, dan Modifikasi. karena tidak semuanya bisa berjalan kegiatan yang ada disana tanpa kita melihat kondisi yang ada dimasjid kami.

Setelah berkunjung kami pun mulai, berbenah, bekerja, dan berupaya baik kegiatan yang ada saat ini bisa bermanfaat dan mulai meniru program-program keumatan dari masjid jogokariyan dibawa ke masjid al-Ihsan Permata depok, singkatnya setelah 2 tahun kami mulai mengimplementasikan dan ditambah kepecayaan jama’ah dan warga, kami semangat untuk terus berupaya menghadirkan masjid sebagai sarana keumatan, sosial, dan pendidikan tidak hanya dijadikan ritual ibadah. Sejalan dengan visi Ketua kami yaitu Bpk. H. Lukman Harun Dan diilhami seluruh pengurus.

Sudah 2 tahun Ramadhan ini, masjid al-ihsan terlihat lebih banyak kegiatan porsi sosial, guyub, dan mengutamakan masjid sebagai sarana keumatan dengan menhadirkan program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Berikut dibawah beberapa kegiatan Ramadhan 1440 H masjid al-Ihsan Permata Depok:

1. Tarhib Ramadhan, dengan memberikan wawasan tsaqofah melalui tabligh akbar dilanjut dengan pembagian sembako kepada Dhuafa sebanyak 842 kantong.

2. Pawai anak TPA dilingkungan Permata Depok pagi Hari, dilanjut dengan Pawai Obor dimalam harinya.

3. Sanlat Remaja & TPA di pekan ke-3 Ramadhan nanti

4. Program Ifthor jama’i setiap Hari, khusus akhir pekan (Sabtu dan Ahad) akan diadakan ifthor besar dengan jamuan masakan di Piring yang akan disiapkan 150-200 piring.

5. Nuzulul Qur’an yang akan diisi oleh Ulama Palestina tgl 25 mei 2019 bersama Ust. Syaikh Naji Ja’farowi kerjasama dengan Sadaqa

6. Itikaf di 10 Hari malam terakhir

7. Kajian Islam Ahad Shubuh (bada Shubuh) selama bulan Ramadhan

8. Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah mulai pekan ke 7 Ramadhan bekerjasama dengan Rumah Zakat.

9.Satunan Orang tua asuh yang dibagikan kepada peserta anak asuh yang terkumpul dari donatur maayarakat sekitar.

10. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri, 1 Syawal 1440 H

Semoga bermanfaat kehadiran program dan syiar Ramadhan diatas, kami mohon do’a dan restu agar lancar dalam menjalaninya.