DepokNews– Antonius Irianto Sukowati, mahasiswa Universitas Gunadarma menemukan teknologi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di era modern ini, yaitu chip yang mampu mengisi baterai telepon genggam atau hand phone dengan menggunakan tenaga surya atau sinar, baik sinar matahari maupun sinar listrik atau lampu dengan daya tertentu. Dengan teknologi ini pengguna hand phone akan mengurangi ketergantungan pada charger atau power bank yang harus diisi dengan daya listrik.

Dr. Antonius Irianto Sukowati, ST, MT bersama orang tua foto bersama

Penelitian ini dipresentasikannya dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi dan Informasi di Universitas Gunadarma, Jalan Cikunir Raya Bekasi Jawa Barat, Sabtu (30/6/2018).

Antonius menjelaskan ide penelitian tersebut berasal dari pemakaian kalkulator yang sudah umum menggunakan tenaga surya sehingga mudah dan praktis.
“Kalau kalkulator sudah sangat umum sumber dayannya menggunakan cahaya, namun kalau kalkulator cahaya kecil atau lemah sudah bisa sedangkan chip untuk baterai hp ini perlu cahaya yang lebih kuat,” jelasnya.

Menurutnya, chip tersebut bisa digunakan untuk meminimalkan penggunaan charger hp atau power bank karena setiap ada cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya lampu dengan minimal 200 lux baterai hp akan otomatis terisi.

Namun menurut Antonius, penemuan ini untuk bisa digunakan masih harus melewati dua tahab lagi, yaitu desain layout dan pabrikasi.

Penelitian tersebut mendapat apresiasi dari tim penguji karena sangat bermanfaat dan berhubungan erat dengan kebutuhan masyarakat saat ini karena hampir semua orang menggunakan hp.

“Saya memberikan apresiasi penelitian ini karena sangat bermanfaat, beberapa waktu lalu saya pergi lupa membawa carger dan power bank, begitu baterai hp habis hp tidak bisa digunakan, namun dengan penemuan ini bisa praktis karena daya hp bisa menggunakan cahaya,” kata salah satu penguji, Prof. Dr. Eng. H. M. Ismail Yusuf.

Setelah melakukan presentasi dan berhasil menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan tim penguji, Antonius dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan sebagai Doktor Tekonologi Informasi. Antonius menempuh program doktor dengan Promotor: Prof.Ir. Busono Soerowirdjo, MSc, Phd, Ko Promotor: Prof.Dr.Sarifuddin Madenda dan Dr.Eri Prasetyo Wibowo dengan desertasi yang berjudul: Desain Chip Pengisi Daya Baterai Telepon Genggam Dengan Memanfaatkan Tenaga Surya Menggunakan Teknologi CMOS 0,35um.