Dokter Dina Anggraini (memegang karangan bunga) foto bersama dosen pembimbing

DepokNews — Dina Anggraini, mahasiswa Universitas Gunadarma program doktor ini berhasil menemukan aplikasi atau sofware untuk meringkas dokumen atau tulisan dengan tidak merubah makna atau maksud dokumen aslinya.

Atas prestasi yang dituangkan dalam desertasi berjudul “Sistem Peringkasan Teks Dokumen Resmi Berbahasa Indonesia Menggunakan Teknik Ekstraktif Dengan Kemampuan Mendeteksi Kalimat Aktif dan Pasif” yang berhasil dipertahankan dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Kampus D Universitas Gunadarma, Kamis (25/1/2018), Dina Anggraini berhak menyandang gelar Doktor setelah dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude.

Dina Anggraini saat menghadapi sidang terbuka

Menurut Dina Anggraini, seperti yang tertuang dalam buku desertasinya tersebut, peringkasan teks dokumen tunggal berbahasa Indonesia dapat dilakukan dengan teknik ekstraktif dan teknik abstraktif.

“Tujuan utama meringkas teks adalah mendapatkan informasi yang berupa susunan kalimat penting yang dapat mewakili suatu dokumen tanpa harus membaca seluruh isi dokumen sehingga dapat mengurangi waktu baca,” katanya.

Sistem kerja aplikasi peringkas dokumen ini dijelaskan oleh Doktor Lily Wulandari sebagai Ko Promotor Dina Anggraini dalam menempuh program doktor.
“Apabila sebuah file dokumen tulisan dimasukan dalam aplikaasi ini maka akan ada file baru yang berisi ringkasan dari file yang kita masukan tersebut,” kata Doktor Lily Wulandari.

Prestasi gemilang Dina Anggraini yang berhasil menyandang gelar doktor ini disambut haru Hj.Chaeranum Siregar ibunda Dina Anggraini yang hadir untuk mendoakan putri tercintanya dalam menghadapi sidang terbuka tersebut.”Saya senang sekali, saya terharu,” kata Hj.Chaeranum Siregar dengan suara bergetar karena begitu besar rasa haru bahagianya.

Menurut Hj.Chaeranum Siregar, ia memiliki empat orang anak dan semuanya berhasil menjadi sarjana, ada yang S1 ada yang S2 sedangkan Dina Anggraini anak ke tiga ini berhasil menjadi doktor.

“Saya menekankan kepada semua anak saya untuk sekolah, mama cari uang kamu harus sekolah. Dalam beribadah anak saya juga saya tekankan, nomor satu ibadah nomor satu, harus sholat, harus ngaji, jangan cari dunia saja, cari dunia dan akhirat,” kata Hj.Chaeranum Siregar menceritakan bagaimana ia mendidik anak-anaknya.

Dina Anggraini merupakan Doktor IT ke 25 lulusan Universitas Gunadarma. Ia menempuh program doktor dengan Promotor Profesor Doktor rer.nat. Achmad Benny Mutiara, Ko Promotor Doktor Tubagus Maulana Kusuma dan Doktor Lily Wulandari.

Beerita terkait: